Nasi Bekepor Khas Kutai, Dahulu Makanan Raja yang Kini Bisa Disantap Rakyat Biasa

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia

Dahulu di Pulau Kalimantan berdiri Kerajaan Kutai yang berjaya pada masanya. Pengaruh kerajaan ini masih bisa dilihat hingga sekarang. Salah satunya di bidang kuliner berupa nasi bekepor dan pendampingnya, sambal raja. Teman Traveler penasaran apa yang menarik dari penganan ini? Nah berikut merupakan ulasan lengkap tentang nasi bekepor khas Kutai ini. Yuk, baca selengkapnya.

Kilas Sejarah Nasi Bekepor

Ilustrasi Membuat Sambal via Shutterstock

Asal-usul nasi ini berawal dari zaman kerajaan Kutai Kertanegara, hanya dihidangkan untuk anggota keluarga kerajaan saja. Masyarakat biasa tidak bisa menyantap makanan berbahan dasar beras ini. Namun kini, penganan ini tidak terbatas pada siapa saja yang ingin menikmatinya. Sesungguhnya bisa dikatakan selera para keluarga kerajaan tersebut tidak jauh berbeda dengan rakyat biasa, hanya saja cara penyajian atau alat-alat yang digunakan lebih mewah saja.

Tentang Nasi Bekepor

Nasi Bekepor via Instagram @foodpict

Nasi bekepor berbahan dasar beras yang dicampur dengan minyak sayur, rempah-rempah dan  potongan ikan asin yang dimasak di dalam kuali besar. Dihidangkan bersamaan dengan daging masak bumi hangus merupakan daging bumbu kecap, serta sayur gangan asam kukar. Biasanya nasi bekepor juga disajikan bersama dengan sambal raja, terdiri dari enam macam sambal yang dijadikan satu. Baik nasi bekepor dan sambal raja merupakan hidangan yang dahulu hanya untuk keluarga raja.

Kini Sudah Mulai Susah Ditemukan

Sambal Raja, Pendamping Nasi Bekepor via Instagram @stephantanaja

Nasi bekepor khas Kutai lama-kelamaan menjadi dikenal di kalangan rakyat biasa dan kini dijual di warung penganan Kalimantan Timur. Namun sekalipun disebut sebagai makanan khas Kutai, nasi yang sekilas mirip liwet ini tidak begitu saja mudah ditemukan, tergerus oleh makanan modern lain. Salah satu warga yang masih melestarikan penganan ini adalah Ibu Ainun yang memulai usaha warung makanan khas Kalimantan Timur semenjak tahun 2002.

Menyantap Nasi Bekepor

Nasi Bekepor Dimasak dalam Kuali via Instagram @andhykp

Teman Traveler yang ingin mencicip nasi bekepor khas Kutai bisa singgah di Warung Selera Acil Inun, tepatnya berada di Jalan Kadrie Oening, Samarinda. Satu porsi nasi bekepor dengan lauk dibanderol harga Rp30 ribu saja. Keunikan lain warung makan ini terletak pada ornamen khas Kalimantan Timur yang dipajang di dinding, menjadikan suasana lebih syahdu.

Ternyata kuliner yang dahulu hanya bisa disantap oleh para raja dan keluarganya, seiring berjalannya waktu kini bisa dinikmati oleh siapa saja ya. Seperti pada nasi bekepor khas Kutai yang telah diulas di atas. Kalau Teman Traveler sudah pernah menjajal penganan yang dulu hanya ada di kalangan raja apa saja nih?