Potensi Wisata Alam Bontang Kalimantan Timur, Bikin Pengen Cepat Libur

Kota Bontang yang terletak 120 Km dari Samarinda, punya potensi wisata alam yang terlalu indah untuk diabaikan, Teman Traveler. Meski menjadi tuan rumah untuk tiga perusahaan besar di bidang gas, pupuk dan batubara, alam Bontang tidak kehilangan kecantikannya. Tidak percaya? Wisata alam Bontang Kalimantan Timur berikut ini adalah contoh-contohnya.

1. Teluk Kaba

Salah Satu Spot di Teluk Kaba
Salah Satu Spot di Teluk Kaba via Instagram/mahakam_explore

Teluk Kaba berada di Desa Kandolo, Kutai Timur. Untuk menuju sini, Teman Traveler akan bertemu dengan perkampungan kecil yang penduduknya berprofesi sebagai petani rumput laut. Teman Traveler bisa bermain-main di pantainya yang punya pesisir luas. Untuk sampai ke kawasan pantai, Teman Traveler harus menggunakan perahu yang bisa disewa dari masyarakat sekitar kawasan. Menyenangkan!

2. Taman Nasional Kutai

Jembatan Gantung di Taman Nasional Kutai
Jembatan Gantung di Taman Nasional Kutai via Instagram/bondanrmdn

Taman Nasional Kutai atau TNK merupakan kawasan dengan luas 198.629 hektare. Di dalamnya, Teman Traveler akan menemukan mangrove, hutan sekunder dan primer dengan aneka flora dan fauna yang khas berada di kawasan tersebut. Jika sedang ingin menikmati suasana alam yang asri saat jalan-jalan ke sini, TNK masuk dalam rekomendasi.

3. Pulau Beras Basah

Apa yang Diragukan dari Keindahan Pulau Beras Basah
Apa yang Diragukan dari Keindahan Pulau Beras Basah via Instagram/adityaparamas

Pulau Beras Basa terletak di Selat Makassar. Potensi wisata alam Bontang Kalimantan Timur ini menjanjikan tempat yang indah sebagai pelepas lelah. Di pantainya, Teman Traveler bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Menurut cerita rakyat setempat, dahulu di tempat ini ada kapal milik Kesultanan Kutai yang sedang mengangkut beras. Sayang, kapalnya karam dan beras pun tumpah. Namun, karena perairan di kawasan tersebut tidak dalam, beras yang tumpah tidak tenggelam. Dari sana, lama-lama gundukan beras yang tumpah tersebut berubah menjadi pulau dengan pasir yang putih seperti beras.

4. Pantai Marina

Kapal di Pulau Marina Menambah Keunikannya
Kapal di Pulau Marina Menambah Keunikannya via Instagram/memeyjeane

Pantai ini berada di bagian selatan Kota Bontang. Pantai ini punya fungsi utama sebagai pelabuhan yang digunakan oleh PT Badak NGL. Semula, pantai ini hanya dibuka untuk pekerja serta keluarga perusahaan tersebut. Namun, kini tidak. Banyak masyarakat umum yang datang ke Pantai Marina untuk berlibur.

5. Pulau Segajah

Pulau Segajah yang Gak Segede Gajah
Pulau Segajah yang Gak Segede Gajah via Instagram/wndyni_1812

Namanya segajah, tapi ukuran pulau ini terhitung kecil. Teman Traveler akan menemukan gundukan pasir dengan ukuran tidak terlalu luas. Bahkan pulau ini bisa menghilang di malam hari. Bukan karena mistis, tetapi pada malam hari air pantai yang pasang akan menenggelamkannya. Baru, pada siang hari, pulau ini kembali muncul. Unik ya. Wajib banget dikunjungi, kan?.

Bagaimana, percaya kan kalau potensi wisata alam Bontang Kalimantan Timur, bikin pengen cepet liburan? Dengan segala macam cerita dan keunikannya, Teman Traveler harus memasukkan nama Bontang sebagai tempat wisata untuk senang-senang!

Tags
Alam Bontang Indonesia Kalimantan Timur Wisata
Share