Nasi Ayam Bu Widodo, Kuliner Kondang dan Legend di Semarang

Advertisement

Solo dan Semarang sama-sama menyuguhkan menu kuliner beragam dan enak. Nah, jika Solo memiliki nasi liwet, ternyata Semarang mempunyai nasi ayam yang penampilannya mirip. Kuliner Semarang yang satu ini kerap dijadikan sebagai menu untuk sarapan ataupun makan malam. Nah, di Semarang ada seorang penjual kuliner ini yang begitu kondang dan tersohor. Namanya adalah Nasi Ayam Bu Widodo. Penasaran? Yuk lihat seenak apa.

Sudah Mulai Beroperasai Sejak Tahun 1944

Nasi Ayam Bu Widodo, via Instagram/makandoang
Nasi Ayam Bu Widodo, via Instagram/makandoang

Nasi Ayam Bu Widodo sudah ada sejak tahun 1994. Jika dihitung-hitung sampai sekarang ini, keberadaanya kurang lebih sudah 24 tahun lamanya. Karena hal itulah, telah banyak memiliki pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia. Saat dilihat sekilas, mungkin oang-orang akan menyangka jika penjualnya menawarkan gudeg. Pasalnya, sang penjual dikelilingi oleh panci-panci dengan ukuran besar yang komplit dengan berbagai lauk.

Kuliner Malam di Semarang

Citarasa yang mantap, via Instagram/eat.and.eatery
Citarasa yang mantap, via Instagram/eat.and.eatery

Nasi Ayam Bu Widodo ini termasuk salah satu pilihan kuliner malam di Semarang. Pasalnya, buka tempat makan ini pada jam 17:00 hingga menjelang malam sekitar pukul 23:00 WIB. Lokasi bejualan nasi ayam ini berada di sekitaran Simpang Lima Semarang di depan Tugu Pemuda, di seberang pojok Masjid Raya Baiturrahman, atau di sekitaran 100 meter dari Lawang Sewu.

Harga satu porsi nasi ayam di sini juga sangat terjangkau, kamu tidak akan merogoh saku terlalu dalam. Satu porsi nasi ayam dengan isian standar akan dibandrol mulai dari Rp11.000-an. Harga yang terbilang cukup terjangkau jika dibanding dengan pengalamannya.

Beda Nasi Ayam Semarang dan Nasi Liwet

Pilihan lauk, via Instagram/eatineraryid
Pilihan lauk, via Instagram/eatineraryid

Sekilas, kuliner ini mirip dengan nasi liwet khas Solo, namun berbeda. Nasi liwet khas Solo disajikan dengan memanfaatkan kuah aren. Sementara nasi ayam Semarangan ini memanfaatkan kuah opor berwarna kuning. Ditambah lagi pemanfaatkan sayur labu sehingga citarasanyA cenderung manis gurih.

Citarasa manis gurih, via Instagram/thedongun
Citarasa manis gurih, via Instagram/thedongun

Dalam satu porsi nasi ayam di sini akan ada nasi, tahu opor, labu siam, telur bumbu, krecek, dan juga suwiran ayam. Citarasanya gurih, sedikit pedas, dan agak manis. Pilihan lauknya beragam, ada opor daging kampung, usus, telur muda, sate jerohan, dan kerupuk. Ditambah dengan sambal rasanya makin nendang.

Sosok Bu Widodo, via Instagram/ikanbungkus
Sosok Bu Widodo, via Instagram/ikanbungkus

Satu lagi yang membuat kuliner satu ini adalah wadahnya yang memanfaatkan daun pisang. Jadi, kamu akan merasakan sedikit citarasa daun pisang, terlebih lagi saat hidangan masih panas. Maka dai itulah, jangan lupa mampir jika sedang ke Semarang.

Sedang kelaparan di malam hari saat traveling ke Semarang, Nasi Ayam Bu Widodo ini patut untuk dijadikan tujuan. Rasanya enak dan harganya juga begitu terjangkau.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Semarang nasi ayam bu widodo semarang
Share