4 Nama Desa Unik di Indonesia, dari Pocong Hingga Koplak

Setiap desa yang ada di Indonesia tentu memiliki keunikan tersendiri. Biasanya dalam segi pariwisatanya, atau tradisi yang dianut oleh warganya. Mungkin Teman Traveler belum banyak yang tahu, ternyata ada juga desa yang keistimewaannya terletak pada namanya. Supaya kalian lebih paham apa maksudnya, simak ulasan tentang nama desa unik di bawah ini, ya. 

Desa Pocong 

nama desa unik
Desa Pocong via instagram/bushtome

Mendengar kata pocong pasti Teman Traveler sudah merasa ngeri. Namun anehnya, desa yang berada di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan ini malah menggunakan nama hantu tersebut untuk sebutan wilayahnya. Bukan karena kehabisan nama, tapi sebutan ini berasal dari ketakutan warga terdahulu yang desanya selalu ditakuti pocong ketika ada yang meninggal. Pada akhirnya, nama Desa Pocong dikukuhkan dan masih digunakan sampai sekarang.  

Desa Kebocoran 

nama desa unik
Desa Kebocoran via instagram/achmadfauzyb.official

Di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah terdapat sebuah daerah bernama Desa Kebocoran. Menurut penduduk setempat, nama ini berasal dari cerita Babad Kamandaka yang merupakan putra dari Prabu Siliwangi.

Singkat cerita, Babad Kamandaka tidak sengaja dilukai sang adik yang bernama Prabu Siliwharni sampai perutnya mengeluarkan banyak darah. Nah, darah tersebut keluar dari perutnya seperti air yang bocor dari tempatnya. Maka dari itu, desa tersebut diberi nama Desa Kebocoran. 

Desa Tutup 

Desa Tutup via instagram/oc_setyawan

Ketika Teman Traveler berkunjung ke Kabupaten Blora, jangan lupa untuk melipir ke sebuah desa bernama Tutup. Ya, nama desa ini memang Tutup, tapi kawasan tersebut tetap terbuka untuk siapa saja yang mau datang.

Untuk asal mula namanya masih belum diketahui nih. Namun, berkat namanya yang unik, banyak orang penasaran ingin ke sana dan tentunya tidak lupa berfoto dengan plang nama desa tersebut.

Dusun Koplak 

Dusun Koplak via instagram/ardanns

Tak kalah unik dengan tiga di atas, dusun satu ini bernama Koplak. Seperti yang kita tahu sejak dulu, koplak adalah sebuah pengungkapan untuk sesuatu yang konyol.

Namun, sepertinya desa ini sudah ada jauh sebelum kata koplak mulai dikenal oleh banyak orang. Sampai saat ini, masih belum diketahui pasti mengapa desa tersebut dinamakan Koplak. Kalau misalnya Teman Traveler penasaran, bisa langsung datang ke Kecamatan Kemplak, Kabupaten Sleman. 

Begitulah Indonesia, selalu punya keistimewaan sendiri di setiap daerahnya. Nama desa unik di atas membuat wilayah-wilayah tersebut menjadi banyak didatangi oleh wisatawan. Apakah ada di antara kalian yang sudah mengunjungi salah satunya? Kalau sudah, bisa share ceritanya di kolom komentar, atau kirim di www.travelingyuk.com/kontributor, ya. 

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kabupaten Bangkalan Kabupaten Blora Kabupaten Sleman Madura Wisata Yogyakarta
Share