Nostalgia dengan Beragam Ponsel Jadul di Muzeum Mobilov Slovakia

Buat kamu yang sempat merasakan menggunakan berbagai ponsel jadul, yang hanya bisa digunakan untuk sms dan telpon, tentunya ingat dengan berbagai ponsel featured phone ya. Meskipun sekarang ini juga masih banyak, tapi ponsel-ponsel jadul itu memiliki keunikan tersendiri. Misalnya ketahanan baterai sampai bentuknya yang unik dan nyeleneh.

Apakah kamu masih ingat ponsel Nokia yang berbentuk ketupat yang sempat booming di zaman dahulu? Karena sekarang sudah semakin banyak gawai canggih, keberadaan ponsel-ponsel jaman dulu seakan tersingkirkan. Tapi, ada seorang pria yang dengan telaten mengumpulkan ponsel-ponsel jadul itu. Saking banyaknya, ponsel-ponsel itu sekarang dibuatkan museum.

Berawal dari Koleksi Pribadi

Berawal dari hobi jadi museum, Via Instagram muzeummobilovdobsina

Nama museum ponsel lawas ini adalah Muzeum Mobilov yang terdapat di Slovakia. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, awalnya ini bukan merupakan museum, hanya koleksi pribadi milik dari seorang pria bernama Stefan Polgari (27). Sejak usia 15 tahun, Polgari sudah tergila-gila dengan berbagai ponsel keluaran saat itu.

Ponsel jadul nokia, Via Instagram muzeummobilovdobsina

Lantaran jumlahnya yang semakin banyak, akhirnya jumlah yang terkumpul sampai ratusan. Alhasil, Polgari memutuskan untuk membuat sebuah ruangan yang diperuntukkan sebagai museum di rumahnya sendiri. Berbagai ponsel dari banyak brand terpampang rapi di atas rak kayu memanjang.

Berisi Ribuan Koleksi Ponsel Jadul

Tak main-main, Muzeum Mobilov ini sudah memiliki ribuan ponsel jadul yang jadi koleksinya. Bahkan saking banyaknya ia pernah mendapatkan rekor di Buku Slovakia dengan koleksi ponsel lama dengan 1,231 jenis berbeda. Ponsel-ponsel lama itu berasal dari banyak brand lama, contohnya saja Samsung, Nokia, Siemens, Sagem, Motorola, Sony-Erricson, dan lain sebagainya.

Koleksi ponsel jadul jumahnya ribuan, Via Facebook Mobile Phone Museum Dobšiná

Buat kamu para generasi millennial, tentu aja ini juga sebagai jalan untuk belajar mengenai perkembangan ponsel dari tahun ke tahun. Tak semua ponsel lawas di sini rusak, ada beberapa yang masih berfungsi dengan baik. Kamu bisa melihat bagaimana cara mengoperasikan atau mendengarkan ringtone di dalamnya.

Reservasi Dulu Sebelum Datang

Koleksi ponsel Siemens jaman dulu, Via Instagram muzeummobilovdobsina

Museum ponsel jadul di Slovakia ini dibuka untuk umum, kamu bisa datang dan melihat-lihat di dalamnya. Tapi, Untuk bisa melihat di dalamnya kamu perlu untuk melakukan reservasi terlebih dahulu di situs resminya. Di sana akan banyak sekali ditemui ponsel-ponsel keluaran dulu yang sudah tidak diproduksi lagi.

Buat kamu para pecinta ponsel-ponsel lawas, lokasi ini bisa banget masuk dalam bucket list lokasi yang dikunjungi ya. Segera reservasi untutk bisa melihat berbagai ponsel-ponsel legendaris yang sekarang sudah tidak diproduksi lagi.

Tags
mancanegara museum hp jadul museum hp lawas museum ponsel jadul museum ponsel lawas Muzeum Mobilov Muzeum Mobilov di Slovakia ponsel jadul
Share