Keliling Dunia? Muslim Traveler Harus Tahu 5 Hal Penting Ini

Advertisement
Advertisement

Siapa sih yang tak suka traveling? Mengistirahatkan tubuh dari rutinitas sehari-hari serta mencari pengalaman baru menjadi hal paling mengasyikkan. Selain menjelajah landmark ternama, mampir untuk mengenal sejarah islam di dunia juga tak kalah menarik bagi traveler muslim. Nah, kamu yang berniat untuk menjelajahi tempat-tempat indah dunia, berikut ini hal penting yang wajib kamu tahu!

Cari Tahu Negara yang Aman untuk Muslim Traveler

Traveler muslim keliling dunia
Traveler muslim keliling dunia [image source]
Aksi kriminal mulai dari pencurian, pelecehan seksual hingga terorisme marak terjadi di beberapa taun belakangan ini. Tentu hal tersebut menjadi hal penting yang wajib kita tahu sebelum memutuskan untuk traveling keliling dunia. Selain mengikuti berita dari dunia, jangan lupa untuk melakukan review mendalam mengenai negara yang hendak kamu tuju. Ada baiknya, untuk memilih negara yang aman dan tidak dalam keadaan berkonflik. Sebut saja Turki yang memiliki keindahan alam yang bakalan membuatmu terpesona.

Mencari Restoran dengan Sertifikat Halal

Nami Ok di Korea Selatan
Nami Ok di Korea Selatan [image source]
Setelah menentukan negara mana yang dituju, hal penting berikutnya yang perlu kamu cari jauh-jauh hari sebelum berangkat adalah restoran untuk mengisi tenaga. Yap, karena di negara lain tidak banyak ditemukan rumah makan dengan menu halal kecuali negara islam. Nah, salah satu langkah yang dapat kamu ambil adalah mencari restoran yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari majelis setempat. Biasanya adalah tempat makan Turki dan Pakistan. Jika masih ragu untuk makan di restoran atau kedai tersebut, pilihlah rumah makan yang menyediakan menu vegetarian.

Siapkan Perlengkapan Ibadah

Membawa peralatan sholat
Membawa peralatan sholat [image source]
Luar negeri berbeda dengan Indonesia. Jika di tanah air kita mudah sekali menemukan tempat ibadah, lain halnya di negara lain. Yap, karena itu pula ada baiknya untuk membawa perlengkapan ibadah sendiri mulai dari sarung atau mukena hingga sajadah tipis yang ringan untuk dibawa saat perjalanan. Nah, jangan lupa pula untuk memisah baju bersih dan kotor sehingga mudah untuk membedakannya.

Memasang Aplikasi Penunjang Ibadah

Aplikasi Kiblat
Aplikasi Kiblat [image source]
Tak hanya tempat ibadah, kita pastinya bakal kesulitan saat hendak menjalankan ibadah. Yap, apalagi kalau bukan mencari kiblat yang benar. Nah, agar ibadahmu tidak terganggu, ada baiknya untuk memasang aplikasi di ponsel pintarmu. Boleh kiblat, doa atau bahkan Al-quran. Nah, satu lagi yang perlu kamu pasang adalah aplikasi penunjuk waktu sholat. Dijamin tidak akan terganggu nih ibadah sholatnya.

Berkunjung ke Islamic Center Negara Tujuan

Berkunjung ke Islamic Center
Berkunjung ke Islamic Center [image source]
Selain sholat di akomodasi, terkadang banyak dari traveler muslim yang kebingungan saat mendekat jam waktu sholat. Sebenarnya, semua tempat kecuali toilet dan makam bisa digunakan untuk beribadah. Namun, tetap saja harus izin kepada tugas keamanan di sekitarnya. Nah, untuk memudahkan kamu menjalankan ibadah di negara orang, ada baiknya untuk berkunjung ke Islamic Center. Tenang, mereka pasti bakalan senang mendapatkan tamu.

Sudah tahu kan hal-hal penting yang perlu diketahui muslim traveler? Nah, kapan nih berangkat liburan?

Advertisement
Tags
muslim traveler tips traveling
Share