Museum Sewu Rai, Benarkah Ada Seribu Wajah di Dalamnya?

Advertisement

Mendengar namanya, Museum Sewu Rai nampaknya berasal dari jawa yang artinya sendiri merupakan Museum Seribu Wajah. Faktanya, museum ini memang berasal dari Jawa Tengah. Namun, apakah benar terdapat seribu wajah di museum tersebut atau hanya sebuah nama agar mendapat popularitas dari para wisatawan? Mari kita simak ulasannya.

Konsep Nuansa Khas Jepang

Bagian dalam museum Sewu Rai via ig/@museum_sewurai

Museum biasanya merupakan tempat penyimpanan barang-barang bersejarah dengan nuansa bangunan kuno, barang-barang antik dan jarang banget jadi destinasi kaum milineal. Namun, museum yang berada di Wonogiri, Jawa Tengah ini mengusung tema yang berbeda.  Museum yang berada satu kawasan dengan Kampung Bali atau bernama lain Kitagawa Pesona Bali ini ternyata mengusung konsep nuansa ala Jepang. Terdapat Bunga Sakura di pintu masu,  juga tampilan pagar dan gapura di atasnya seperti bangunan kerajaan Jepang Kuno. Sementara, bagian dalam museum ternnyata berisi seribu lebih topeng yang memiliki ragam ekspresi yang berbeda. Menurut pengelola, museum tersebut memang sengaja dibuat untuk memperkenalkan aneka kebudayaan kepada para pelancong. 

Aktivitas di Area Museum

Menggunakan Kimono untuk berfoto via ig/@kitagawa_pesonabali

Aktivitas mengabadikan momen tentu menjadi tujuan disini. Pasalnya, pengunjung bakalan menikmati pesona indahnya Jepang hanya dalam satu museum. Banyak sekali spot foto yang bisa digunakan seperti, area koleksi topeng, deretan gapura dengan tanaman rambat dihiasi lentera merah, bangunan tradisional khas Jepang, gerbang masuk, dan backdrop bergambar bangunan Jepang. Nah, asyiknya lagi teman traveler bisa menyewa kostum kimono yang dibandrol Rp 50.000 – Rp 100.000 untuk sekali pakai tanpa batasan waktu. Dengan menggunakan kimono dan berfoto di spot ala Jepang akan membuat teman traveler berasa di Jepang sesungguhnya. Selai itu, teman traveler bisa menyaksikan pentas seni tari yang diadakan pada jadwal-jadwal khusus. 

Rencana Penambahan Wisata Kuliner di 2021

Ilustrasi kuliner Jepang via ig/@sugoiramen.exp

Untuk menambah daya tarik, pihak pengelola tengah mempersiapkan penambahan wisata kuliner dan wisata belanja yang dapat menarik banyak minat wisatawan. Konsep kuliner dan suvenir yang akan dijual tentunya merupakan khas Jepang seperti kudapan Jepang, ramen, dan berbagai suvenir ala Jepang.

Lokasi Museum Sewu Rai

Pintu masuk museum via [email protected]jalanjalanwonogiri

Teman traveler yang ingin berkunjung bisa langsung datang ke Jalan Alternatif Jatiroto-Wonogiri, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Wisata Museum Sewu Rai ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Teman traveler cukup mengeluarkan kocek Rp 5.000 per orang untuk menikmati area museum. 

Teman traveler tertarik untuk datang? Karena tidak membutuhkan reservasi, teman traveler bisa datang kapanpun. Selamat berwisata!

Advertisement
Tags
museum di jawa tengah museum sewu rai wisata di Jawa Tengah wisata museum
Share