Museum Reenactor Malang, Destinasi Baru yang Wajib Masuk Daftar Liburan Pecinta Sejarah

Museum Reenactor Malang wajib dikunjungi Teman Traveler penggila sejarah dan reka ulangnya. Baru dibuka beberapa bulan lalu, museum ini menyimpan puluhan benda-benda bersejarah. Penasaran, kan? Simak ulasan berikut ini yuk!

Diklaim Sebagai yang Pertama di Indonesia

Diklaim Sebagai yang Pertama di Indonesia via Instagram/goruli

Teman Traveler pecinta segala bentuk sejarah? Di Kota Malang ada sebuah destinasi wisata sejarah baru yang patut dikunjungi. Dilansir dari Tribun, tempat ini diklaim sebagai museum reenactor pertama di Indonesia.

Menyimpan Barang-barang Bersejarah via Instagram/goruli

Museum ini dibangun dengan gaya kolonial. Kehadirannya melengkapi daftar museum di Malang yang wajib dikunjungi. Bangunannya tidak terlalu besar, yakni sekitar 8×10 meter persegi.

Bagian depan bangunan terdapat tiang-tiang penyangga berwarna putih yang senada dengan warna gedung utamanya. Dengan gaya bangunan seperti itu, Museum Reenactor Indonesia tampak mencolok.

Dikelola oleh Komunitas Reenactor Malang

Reenactor Malang via Instagram/aditya_officinale

Museum sejarah yang wajib masuk list kunjungan saat ke Malang ini dikelola oleh Komunitas Reenactor Malang. Reenactor sendiri merupakan istilah atau sebutan kepada pihak-pihak yang memiliki ketertarikan lebih terhadap berbagai kegiatan reka ulang peristiwa sejarah.

Reenactor Malang Kerap Melakukan Banyak Kegiatan via Instagram/reenactorngalam

Para anggota reenactor biasanya kerap melakukan kegiatan-kegiatan berupa teaterikal reka ulang sejarah berdasarkan catatan sejarah yang ada. Reenactor Malang juga sama-sama mengulas sejarah perjuangan, terutama sejarah Malang.

Menampilkan Informasi Mengenai Sejarah, Khususnya Malang

Menampilkan Informasi Mengenai Sejarah Malang via Instagram/goruli

Museum Reenactor Malang memiliki puluhan koleksi benda-benda bersejarah. Terutama benda sejarah dari Tawangsari, yaitu sebuah daerah yang sekarang ini berubah menjadi Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Yuk Berkunjung ke Museum Reenactor Malang! via Instagram/goruli

Tawangsari sendiri merupakan salah satu lokasi yang bersejarah bagi Kota Malang. Sebab pada masa perjuangan, di kawasan tersebut terdapat markas komando gerilya yang kala itu dipimpin oleh Kapten Soemitro. Di sini terdapat barang-barang peninggalan Soemitro; seorang sosok yang pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon I di Malang.

Lokasi dan Info Tiket

Destinasi Baru bagi Pecinta Sejarah via Instagram/goruli

Teman Traveler tertarik untuk berkunjung ke wisata Malang satu ini? Agendakan untuk datang ke kawasan Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Museum yang resmi dikenalkan pada masyarakat umum sejak 14 September 2018 lalu ini juga mendapat dukungan dari pihak Pemkot Malang lho.

Museum Reenactor Malang buka dari pukul 09:00-17:00 WIB. Pengunjung yang datang juga tidak dikenakan biaya masuk, alias gratis. Menarik, kan? Liburan ke Malang pun, jadi lebih banyak pilihan.

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Museum Reenactor Malang Wisata
Share