Mulai dari Santet Sampai Kanker, Inilah Museum Nyeleneh yang Ada di Indonesia

Museum selama ini identik dengan tempat untuk menyimpan berbagai peninggalan bersejarah untuk generasi selanjutnya. Bisa dalam bentuk arsip, fosil, bendanya langsung dan lain sebagainya. Intinya, memang kebanyakan benda-benda yang ada di dalam museum memiliki cerita tersendiri yang memang bermanfaat untuk banyak orang. Tapi ada beberapa museum yang sangat nyeleneh yang bisa bikin geleng-geleng kepala. Nah, berikut ini museum nyeleneh di Indonesia yang mungkin bikin kamu bertanya-tanya untuk apa mereka diciptakan.

Museum Santet

Museum Santet Surabaya, Via Instagram rdaisyann

Cukup nyeleneh dan sangat tidak biasa di Indonesia ada Museum Santet yang terletak di Surabaya. Tepatnya berada di Jl. Indrapura No. 17, Surabaya yang jadi satu lokasi dengan Museum Kesehatan dr. Adyatama. Di dalamnya tersimpan berbagai benda mistis yang terkait dengan santet. Ada tali pocong, susuk, jailangkung, nini towok, hasil rontgen yang menunjukkan adanya jarum di dalam tubuh manusia, dan lain sebagainya. Bikin tambah merinding, di dalamnya terdapat “pintu dunia lain” yang tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang.

Museum Kayu Tuah Himba

Salah satu ruangan di Museum Kayu, Via Instagram ahmad_nur_05

Selanjutnya ada Museum Kayu Tuah Himba yang berlokasi di Tenggarong, Kalimantan Timur. Seperti namanya, museum satu ini menyimpan berbagai jenis kayu yang ada di hutan Kalimantan. Bentuk museum ini adalah rumah panggung yang memiliki ukuran 20 x 20 meter persegi. Banyak sekali jenis kayu-kayu yang terdapat di dalamnya. Contoh koleksinya antara lain kerajinan Kutai yang terbuat dari rotan, ada lemari, kursi, tempat tidur dan lain-lain. Ada pula miniatur rumah khas Dayak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Museum Kanker

Bagian di Museum Kanker, Via Instagram rakunteur

Tujuan diciptakannya museum ini adalah memberikan edukasi mengenai kanker. Museum Kanker didirikan oleh Yayasan Kanker Wisnuwardhana ada tanggal 2 November 2013 yang lalu. Museum Kanker ini berada di Jl. Kayon No. 16-18, Genteng, Surabaya. Di sini terdapat setidaknya 30 alat peraga kanker, mulai dari sel kanker payudara, kanker paru-paru, dan masih banyak lagi yang lainnya. Museum ini jadi satu-satunya yang ada di indonesia. Bisa jadi sarana pendidikan, tempat penelitian, sekaligus tujuan wisata.

Museum Nyamuk

Ada spot untuk selfie di Museum Nyamuk, Via Instagram museumnyamuk

Satu lagi museum nyeleneh yang terdapat di Indonesia, yakni Museum Nyamuk yang berlokasi di Jl. Raya Pangdaran Km. 3, Babakan, Ciamis, Jawa Barat atau berada di kompleks Loka Litbang. Buat kamu yang bertanya-tanya untuk apa museum ini didirikan, ternyata untuk ajang edukasi kepada masyarakat. Di museum ini, banyak fakta-fakta menarik dari nyamuk yang mungkin belum banyak diketahui. Di dalamnya akan disuguhkan beragam spesies nyamuk dari berbagai penjuru negeri.

Itulah empat museum nyeleneh yang terdapat di Tanah Air. Jika kamu punya informasi mengenai museum nyeleneh lainnya yang ada di Indonesia, yuk berbagi di kolom komentar. Saling berbagi informasi nggak ada salahnya bukan?

Tags
Indonesia Museum nyeleneh Museum Unik Wisata
Share