Chocodot World, Museum Cokelat Berbasis Eduvacation di Garut

Garut, Jawa Barat memang selama ini dikenal sebagai salah satu sentra dodol dengan bebagai varian rasa. Beragam rasa dodol hampir semuanya ada di Garut. Tapi belakangan muncul julukan baru, yakni Kota Cokelat. Pasalnya, banyak produsen olahan cokelat yang menjadikan kota ini sebagai penghasil olahan cokelat terbesar di Indonesia. Dodol dan cokelat ini dikombinasikan menjadi makanan bernama chocodot. Saking terkenalnya, muncul lokasi yang dikenal sebagai museum cokelat di Garut.

Chocodot World, Museum Ala Film Charlie and Chocolate Factory

Berbagai olahan cokelat, Via Instagram iturmudzisyahrezha

Dengan peminatnya yang sangat banyak, chocodot menjelma jadi oleh-oleh yang begitu memanjakan lidah. Namanya juga sudah terdaftar jadi salah satu oleh-oleh khas dari Garut. Yang lebih menyita perhatian lagi, ada sebuah wisata baru bernama Chocodot World yang mungkin sedikit realisasi dari film Charlie and Chocolate Factory. Lokasi wisata baru ini berada di Jalan Raya Kubang No. 100. Ini merupakan sebuah museum cokelat di Garut yang siap memanjakan para pengunjung yang datang.

Terdapat Replika Candi Cangkuang

Cokelat berbentuk Candi Cangkuang di Chocodot World, Via Instagram chocodot_indonesia

Di dalamnya, kamu akan melihat replika dari Candi Cangkuang yang merupakan peninggalan zaman dahulu yang sangat dibanggakan oleh warga Garut. Replika Candi Cakuang ini terbuat dari cokelat murni dan menghabiskan sebanyak 1.700 kilogram. Candi ini memiliki tinggi sekitar 3 meter dan memiliki lebar 1,5 meter. Selain ada candi, ada pula patung-patung yang juga terbuat dari cokelat asli. Hati-hati jangan sampai khilaf dan mencicipinya.

Ada Wahana World Magical Chocodot Experience

Edukasi di Chocodot Worl, Via Instagram chocodot_indonesia

Selain melihat chocodot di dalamnya, kamu juga bisa merasakan eduvacation, alias berwisata sembari mendapatkan ilmu yang berharga. Museum yang sangat unik ini sudah berdiri sejak tahun 2017, dan digagas oleh PT Tama Cokelat Indonesia yang merupakan produsen cokelat terbesar di Garut. Melalui museum tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai komoditas cokelat di kota dodol, sekaligus informasi mengenai bahan dasar untuk membuat cokelat. Bonusnya, kamu juga bisa mencicipi berbagai variannya secara langsung.

Chocodote menyebarkan kebahagiaan, Via Instagram chocodot_indonesia

Desain interiornya sendiri dibuat ceria. Jadi, buat para millennial, lokasi ini cukup bagus untuk berburu foto. Bisa juga untuk destinasi wisata keluarga bersama dengan orang-orang tersayang. Kapan nih berkunjung ke Chocodot World?

Tags
chocodot world Garut Indonesia Jawa Barat museum cokelat di Garut
Share