Museum Makanan di Korea Selatan Tampilkan Kimchi Sampai Soju, Liburanmu Dijamin Tambah Seru

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Luar Negeri

Museum makanan di Korea Selatan seru untuk dikunjungi saat liburan. Di tengah cuaca dingin, jalan ke sini rasanya pas sekali. Teman Traveler bisa mengetahui lebih jauh tentang makanan serta minuman tradisional, seperti Tteok dan Soju. Di mana saja museum menarik ini bisa dikunjungi? Berikut ulasannya!

1. Tteok Museum

Tteok Museum di Korea Selatan via Instagram/ ucoya_330

Teman Traveler tidak asing dengan jajanan Tteokbokki? Ia kerap kali muncul di beberapa adegan Korean Drama. Nah! Jika penasaran ingin mengetahui tentang kue beras ini, bisa datang ke Tteok Museum.

Membuat Tteok di Museum via Instagram/ hae_seung_y_93

Museum makanan di Korea Selatan ini berlokasi di kawasan Donhwamun-ro, Jongno-gu, Seoul. Ia buka dari pukul 10.00-18.00 waktu setempat, dan tutup di hari-hari besar perayaan.

Kue Beras Khas Korea via Instagram/ hae_seung_y_93

Tteok Museum menyimpan sekitar 2.000 peralatan dapur tua Korea dan kue tteok dari berbagai tema. Di sini, Teman Traveler bisa mengikuti paket wisata yang disediakan. Biasanya berisi kursus membuat tteok. Dengan membayar seharga mulai dari 2.000 Won atau Rp25 ribu, pengunjung sudah bisa bersenang-senang!

2. Museum Kimchikan

Museum Kimchi yang Banyak Dikunjungi via Instagram/ yenxiao10

Museum Kimchikan boleh jadi merupakan salah satu museum makanan tertua di Korea Selatan. Pasalnya, museum ini sudah berdiri sejak 1986. Berisi berbagai informasi mengenai Kimchi, museum ini jadi salah satu destinasi yang sayang dilewatkan saat berlibur ke Korea Selatan.

Selain Informasti Museum Kimchikan Juga Instagenic via Instagram/ tidty_87

Lokasi Museum Kimchikan ini ada di kawasan Insadong-gil, Jongno-gu, Seoul-si Insadong. Teman Traveler yang ingin berkunjung, pastikan untuk tidak datang di hari Senin serta beberapa hari besar.

Kimchi Makanan Tradisional Korea Selatan yang Bikin Penasaran via Instagram/ visitkoreaforme_jp

Karena pada hari-hari itu, museum ini tidak beroperasi. Untuk 20-30 menit tur di dalam museum, wisatawan dewasa dikenakan tarif sebesar 5.000 Won atau sekitar Rp62 ribu.

3. Andong Soju Traditional Food Museum

Peralatan Tradisional Membuat Soju via Instagram/ smnthalf

Berkunjung ke Andong Soju Traditional Food Museum jadi salah satu atraksi menyenangkan yang bisa dilakukan saat Teman Traveler liburan ke Andong. Sesuai fungsinya sebagai museum, di sini pengunjung bisa mendapatkan berbagai informasi tentang Soju.

Informasi Lengkap Tentang Soju di Andong Soju Museum via Instagram/ ramj923

Teman Traveler juga bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana cara penyajian Soju untuk acara-acara besar. Jika ingin membeli sebotol Soju, pengunjung bisa mendapatkan harga 20% harga lebih murah dari pasaran.

4. Museum Good Day (Soju)

Museum Good Day (Soju) via Instagram/ gooddaymuseum

Museum Good Day (Soju) dibangun oleh Muhak Corp. Ia merupakan museum minuman beralkohol kelas dunia. Muhak Corp sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tanah liat yang cukup sukses di Kota Masan.

Menikmati Soju di Museum Good Day via Instagram/ tanleefei

Good Day Museum terletak di Bongamgongdan 2-gil, Masanhaewon-gu, Changwon-si, Gyeongsangnam-do. Ruang pamer di museum ini diisi oleh 3.000 varian dari minuman beralkohol (Soju). Pengunjung juga disediakan tempat untuk menyicipi berbagai jenis Soju, fasilitas tur museum dan berkeliling pabrik.

Museum Instagenic Berisi Informasi Tentang Soju via Instagram/ hmy0811

Good Day Museum buka setiap hari kecuali Sabtu-Minggu. Serunya, untuk masuk ke sini, pengunjung tidak dipungut biaya! Alias gratis!

5. Salami Museum

Salami yang Dipamerkan di Museum Salami via Instagram/ xcara27x

Pada 20 Desember 2018 lalu, sebuah museum makanan di Korea Selatan baru dibuka. Ia adalah Salami Museum yang merupakan ruang pamer hasil pengolahan Salami yang ada di kawasan Hannam-dong.

Salami Museum Baru Buka Akhir Tahun Lalu via Instagram/ xcara27x

Museum ini berdiri di lahan seluas 30 meter persegi. Selama berada di museum, pengunjung akan disuguhi berbagai informasi mengenai Salami.

Bagaimana? Untuk destinasi liburan ke Korea Selatan yang antibosan, museum-museum di Korea Selatan tersebut bisa dikunjungi. Tertarik? Susun rencana dari sekarang ya!