Museum Majapahit Trowulan, Asyiknya Belajar Sejarah di Tempat yang Wah

Seperti yang kita tahu selama ini, kalau Mojokerto merupakan bekas lokasi Kerajaan Majapahit di zaman dulu. Oleh karenanya, di sana terdapat banyak sekali bekas peninggalan seperti candi atau pun museum. Nah, untuk museum, ada Museum Majapahit Trowulan yang kini masih menjadi destinasi favorit para pelancong. Kira-kira apa saja yang ada di dalamnya? Berikut ulasannya.

1. Ada Petunjuk Lokasi Candi dan Situs Budaya di Mojokerto

museum majapahit trowulan
Petunjuk arah situs bersejarah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di museum ini terdapat banyak sekali informasi mengenai peninggalan bersejarah. Oleh karenanya, pihak museum memberikan papan petunjuk letak peninggalan-peninggalan tersebut. Dengan begini, pengunjung tidak perlu bingung lagi ingin mengarah ke mana.

2. Gedung Utama Berisi Koleksi Benda Purbakala

museum majapahit trowulan
Bagian depan gedung utama (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Museum ini memiliki gedung utama yang sangat besar. Di dalamnya berisi berbagai benda-benda purbakala asli peninggalan zaman kerajaan. Beberapa di antaranya adalah arca-arca, keris, peralatan kehidupan masyarakat zaman kerajaan, artefak-artefak sisa bangunan jaman dulu, bahkan sampai perhiasan ataupun cindera mata yang diperoleh dari kerajaan lain di luar negeri.

3. Area Pendopo yang Menyimpan Koleksi Sisa Peradaban Majapahit

museum majapahit trowulan
Area pendopo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di belakang bangunan museum utama terdapat sebuah pendopo yang sangat besar. Di pendopo ini terdapat artefak-artefak peninggalan zaman Kerajaan Majapahit.

museum majapahit trowulan
Arca di dalam pendopo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pertama kali masuk ke area pendopo kita akan langsung dituntun untuk berjalan ke belakang pusat pendopo. Di area ini banyak disimpan arca-arca mulai dari yang masih utuh sampai yang bentuknya sudah tidak begitu sempurna. Beberapa koleksi arcanya antara lain arca ganesha, arca narasimha, arca ganesha berenkripsi, arca bima, arca wisnu naik garuda, dan banyak lagi lainnya. Selain itu ada beberapa batu prasasti seperti Prasasti Bandar Alim dan juga lingga yoni.

Relief zaman Kerajaan Majapahit (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sedangkan di sisi kanan pendopo terdapat beberapa koleksi lain yang tak kalah menakjubkan. Seperti relief candi, jenis-jenis batu bata, sisa-sisa alas rumah pemukiman warga, dan di paling ujung ada sebuah replika rumah warga di zaman Kerajaan Majapahit.

Bibir sumur (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kemudian di sisi kiri bangunan pendopo tidak jauh dengan koleksi sebelumnya. Namun yang membedakan adalah terdapat bibir sumur. Benda satu ini terlihat unik, lantaran terbuat dari alam yang kokoh.

Miniatur persebaran situs purbakala (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak hanya itu, di sisi kiri pendopo ini kita bisa menemukan sebuah miniatur persebaran situs purbakala di semua wilayah Mojokerto. Menariknya, di miniatur tersebut juga tertera dengan jelas nama-nama dari situs bersejarahnya.

4. Ada Bekas Hunian Rakyat Majapahit

Area kiri museum (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di area kiri museum, ada hal yang tidak boleh Teman Traveler lewatkan. Di lokasi ini ada bangunan semi indoor dengan atap yang sangat megah dan disangga besi. Bangunan ini menutupi sebuah situs hunian masyarakat kerajaan Majapahit yang ditemukan di area museum ini.

Bekas hunian masyarakat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Cukup naik tangga untuk melihatnya dari atas, kita akan bisa melihat sebuah galian dengan pondasi-pondasi bangunan yang tertimbun oleh tanah. Walaupun tidak berbentuk, tapi terlihat jelas kalau di tempat ini merupakan bekas-bekas area perkampungan masyarakat majapahit. Ukuran rumah-rumahnya pun terlihat lumayan besar dan terbuat dari bahan batu bata merah. Di sini kita tidak boleh melihat ke bawah langsung dan juga menginjaknya, satu-satunya cara melihat hanya dari atas.

5. Terdapat Area Khusus Belajar Sejarah untuk Anak

Area sejarah untuk anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk anak-anak usia sekolah yang datang ke Museum Majapahit ini, disediakan ruangan khusus berupa pendopo kecil yang ada di belakang bangunan pendopo. Tempat ini berisi keterangan-keterangan sejarah dan juga berbagai catatan lain tentang Kerajaan Majapahit yang bisa memudahkan anak-anak untuk mempelajarinya. Selain itu ada gambar-gambar menarik yang membuat anak-anak tertarik.

6. Ada Spot Foto Menarik

Salah satu spot menarik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di museum ini ada spot foto menarik yang bisa Teman Traveler jajal. Seperti di area bekas hunian masyarakat di zaman Kerajaan Majapahit. Kalian bisa berfoto di atas jembatan dan hasilnya dijamin sangat menarik.

Begitulah suasana yang ada di Museum Majapahit Trowulan. Kalian bisa menemukan banyak situs bersejarah dan pastinya akan mendapat segudang ilmu. Kalau Teman Traveler ingin ke sini, langsung datang saja ke Jl. Pendopo Agung, Desa Ngelinguk Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Cukup membayar Rp5.000, kalian bisa menikmati semuanya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Mojokerto Museum Majapahit Trowulan Wisata
Share