Saking Ngerinya, Museum di Italia Ini Bikin Pengunjung Tidak Bisa Tidur!

Alfri

Alfri

On Luar Negeri

Pernah berkunjung ke museum? Di dalam terdapat benda bersejarah yang menjadikannya seperti mesin waktu yang membawa pengunjung mengarungi lorong waktu menuju zaman dimana benda-benda koleksi tersebut berasal. Lain halnya jika kamu berkunjung ke La Specola di Italia, sepulang dari sana kemungkinan besar kamu tidak akan bisa tidur sebab museum ini mengoleksi potongan tubuh manusia!

Wisata di Italia bukan hanya mengenai Colosseum di Roma atau kota Venesia yang romantis. Ada La Specola sebuah museum yang berisi potongan tubuh manusia. Tentu bukan potongan tubuh asli melainkan patung lilin yang dibuat sangat otentik. Melihatnya saja membuat bergidik dan terbayang-bayang hingga pulang.

La Specola, museum di Italia yang menyimpan patung lilin potongan tubuh manusia dan hewan, via instagram

Dilansri Travelingyuk dari situs resmi Museum of National History, La Specola terletak di alamat Via Romana, 17, Florence, 50125, Italia. Museum ini bukan setiap hari mulai pukul 09.00 pagi sampai 13.00 siang waktu setempat kecuali Rabu yang memang dijadikan hari libur operasional.

Nama museum ini memang belum begitu terkenal di kanca pariwisata Italia, namun bagi penduduk Italia museum ini adalah sebuah kebanggaan yang telah ada sejak tahun 1775 yang pembangunannya sendiri diprakarsai oleh Kaisar Romawi, Pietro Leopold. Kala itu pembangunan museum ini ditujukan untuk para ilmuwan dan cendikiawan dalam mempelajari anatomi tubuh manusia dan juga binatang.

Patung lilin tubuh manusia dipamerkan dalam kotak kaca, via instagram

Bagian dalam La Specola terbagi menjadi 34 ruangan dengan 24 diantaranya merupakan ruangan untuk display anatomi hewan sedangkan sisanya ruangan anatomi manusia. seperti dijelaskan di awal bahwa tubuh manusia beserta organnya yang dipamerkan disana tidaklah asli melainkan hanya replika yang dibuat dari patung lilin.

Namun patung lilin tersebut terlihat sangat nyata hingga detil organ tubuh manusia hingga pembuluh darahnya dapat digambarkan dengan jelas. Tubuh-tubuh manusia ini dipamerkan di dalam kotak kaca, para pengunjung diperbolehkan untuk memotretnya. Namun buat mereka yang penakut tempat ini bisa menjadi mimpi buruk.

Koleksi di museum La Specola, via instagram
Koleksi di museum La Specola, via instagram

Biaya masuk ke dalam museum La Specola adalah sebesar 6 Euro atau setara Rp 89 ribu. Biaya itu sudah termasuk izin meotret koleksi museum. Pengunjung bisa mengabadikan patung-patung manusia yang nampak asli sedang dibedah dan memperlihatkan organ dalamnya. Berani berkunjung?