Museum dengan Cerita Horor di Jakarta, Yuk Kulik Lebih Dalam

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
museum dengan cerita horor di Jakarta museum dengan cerita horor di Jakarta

Museum merupakan salah satu tempat menimba ilmu, selain di sekolah. Banyak benda-benda peninggalan yang disimpan, saksi bisu peristiwa di masa lalu. Namun, sebagai tempat-tempat menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah, ada beberapa tempat yang membuat bulu kuduk berdiri, merinding. Nah, berikut adalah daftar museum dengan cerita horor di Jakarta. Yuk cek mana saja.

Museum Fatahillah, Jakarta

Museum Fatahillah, via Instagram/wisatakotatua
Museum Fatahillah, via Instagram/wisatakotatua

Tempat pertama adalah Museum Fatahillah yang konon memiliki kisah mistis di dalamnya. Bangunan ini dahulunya pernah menjadi tempat eksekusi. Bangunannya memang sudah tua, menyimpan berbagai misteri yang belum terpecahkan. Ada beberapa pengunjung yang mendengar suara tangis perempuan dan penampakan orang-orang Belanda di zaman penjajahan dahulu.

Museum dengan cerita horor di Jakarta satu ini juga memiliki ruang bawah tanah lembab yang dahulu digunakan sebagai lokasi penyiksaan. Museum Fatahillah ini berada di Jl. Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 sampai dengan 17:00 WIB.

Museum Keprajuritan, Jakarta

Museum Keprajuritan, via Instagram/mrs.martsa
Museum Keprajuritan, via Instagram/mrs.martsa

Museum Keprajuritan berada di komplek Taman Mini Indonesia. Bentuknya sangat megah dengan desain ala abad pertengahan. Di dalamnya berisi diorama kisah heroik para pahlawan Indonesia, patung-patung, dan benda-benda tiruan senjara.

Ada beberapa boneka peraga yang memberikan kesan angker, seolah-olah hidup. Kamu juga bisa mengikuti Night at The Museum dan merasakan sensasi menikmati artefak di dalam museum saat malam hari. Penghuninya serasa hidup dan bergerak.

Museum Lubang Buaya, Jakarta

Museum Keprajuritan, via Instagram/mrs.martsa
Museum Lubang Buaya, via Instagram/naila_aunika

Museum Lubang Buaya juga dikenal sebagai tempat yang cukup seram. Bagaimana tidak, berdasarkan sejarah, para pahlawan revolusi dahulu disiksa dan dikubur di lubang sempit ini. Di dalam museum yang terdapat di Jl. Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta ini terdapat ruang rekam ulang penyiksaan berupa patung-patung penuh darah dan ada pula sumur tempat mengubur mayat.

Banyak cerita menyebutkan jika darah-darah buatan di tempat ini menjadi sungguhan saat malam hari. Tidak hanya itu saja, sering pula terdengar teriakan dan tangisan dari dalam sumur.

Museum Wayang, Jakarta

Museum Wayang, via Instagram/desikurniaramdhan
Museum Wayang, via Instagram/desikurniaramdhan

Satu lagi museum dengan cerita horor di Jakarta, yakni Museum Wayang. Merupakan tempat menyimpan berbagai koleksi wayang asli Nusantara dan mancanegara. Berdasarkan cerita yang beredar, tempat ini dahulunya merupakan makam Belanda dibuktikan dengan adanya prasasti di dalamnya. Beberapa orang mengaku pernah melihat wayang bergerak sendiri. Jika ingin membuktikannya kamu bisa datang sendiri ya.

Meskipun memiliki cerita horor, museum-museum tersebut dirawat sedemikian rupa sehingga bersih dan nyaman untuk dikunjungi. Museum juga masih menjadi lokasi tepat untuk wisata sejarah yang asyik, pulang dengan hati senang karena pengetahuan bertambah. Mana dulu nih yang ingin Teman Traveler kunjungi?