Jalan-jalan di Taman Mini Indonesia Indah, Liburan Berkesan Berbudget Murah

Liburan berkesan tidak harus menguras kantong hingga membobol tabungan. Banyak cara untuk bisa membuat hati bahagia dengan budget murah meriah. Salah satunya liburan keliling kota sendiri. Nah, Teman Traveler yang tinggal atau tengah berada di Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah bisa jadi rekomendasi. Apa keseruan liburan di objek wisata di ibukota? Yuk, simak pengalaman seru dari Kontributor Travelingyuk, Nurul Huda berikut ini.

Liburan Seru dengan Biaya Tranport Murah Meriah

Anjungan Provinsi Kalimantan Barat
Anjungan Provinsi Kalimantan Barat (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah bukanlah pilihan yang buruk untuk memanjakan mata. Apalagi bagi Teman Traveler yang ingin menekan budget liburan. Untuk sampai di destinasi wisata di Jakarta Timur ini, Teman Traveler dapat menggunakan transportasi umum Ibu Kota yang kini semakin nyaman, yaitu Transjakarta. Tarifnya murah meriah dengan biaya Rp3.500 per sekali jalan. Selain murah, naik Transjakarta secara tidak langsung ikut berkontribusi mengurangi kemacetan di Jakarta.

Anjungan Provinsi Kalimantan Barat
Anjungan Provinsi Kalimantan Barat (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Memulai perjalanan dari halte Puri Beta transit di Pancoran Barat, lalu naik bus arah Pinang Ranti tujuan Tamini Square, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan naik angkutan kota ke TMII. Sesampainya, baru membeli tiket masuk dengan harga Rp10.000/orang.

Anjungan Provinsi yang Menawan

Anjungan Provinsi Kalimantan Barat
Anjungan Provinsi Kalimantan Selatan(c)Nurul Huda/Travelingyuk

Destinasi pertama yang dapat dikunjungi adalah Anjungan Provinsi. Bangunan rumah adat dengan arsitektur tradisional khas daerah Indonesia yang total jumlahnya ada 33. Setiap Minggu atau hari libur, di sini rutin diadakan acara. Salah satunya acara kesenian dari adat Ranah Minang. Selain melihat keindahan rumah adat, Teman Traveler juga bisa berfoto sepuasnya.

Anjungan Provinsi Kalimantan Barat
Anjungan Provinsi Sumatera Barat (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Kembaran Disneyland Hongkong di TMII

Istana Anak-anak
Istana Anak-anak (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Wahana berikutnya adalah Istana Anak-Anak Indonesia. Tiket masuknya sebesar Rp10.000/per orang. Bangunan dan arsitekturnya yang mirip Disneyland di Hongkong membuat wisatawan tertarik.

Saat akhir pekan atau libur panjang, wahana ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Agar tetap semangat liburan dan bisa mengabadikan momen terbaik, Teman Traveler harus pintar-pintar. Sebaiknya hindari hari-hari tersebut agar liburan berkesan.

Istana Anak-anak
Istana Anak-anak (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Mampir ke Museum Keprajuritan

Museum Keprajuritan
Museum Keprajuritan (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Wisata berikutnya adalah Museum Keprajuritan dengan tarif masuk Rp2.500/orang. Museum ini diresmikan pada tanggal 5 Juli 1987. Bangunan dengan bentuk benteng segi lima memiliki 23 koleksi patung pahlawan yang dipajang di lantai satu dan dua. Sayangnya, beberapa fasilitas mulai terlihat kurang perawatan. Seperti cat yang sudah pudar, genting bocor, lift tidak berfungsi, dan pencahayaan yang kurang. Semoga kerusakan-kerusakan kecil ini segera diatasi sehingga dapat meningkatkan pengunjung dan menjadi wisata edukasi yang nyaman.

Museum Keprajuritan (c)Nurul Huda/Travelingyuk
Museum Keprajuritan (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Senja Cantik di Klenteng Kong Miao

Senja di Museum Keprajuritan
Senja di Museum Keprajuritan (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Tempat terakhir yang tak boleh terlewatkan adalah  Klenteng Kong Miao. Letaknya tidak jauh dari Museum Keprajuritan. Klenteng ini adalah tempat ibadah umat agama Konghucu yang makin terlihat cantik ketika sore hari. Apalagi ditemani langit cantik yang berubah warna menjadi jingga. Namun, sebaiknya hindari terlalu sore jika tak ingin objek wisata sudah ditutup.

Klenteng Kong Miao
Klenteng Kong Miao (c)Nurul Huda/Travelingyuk

Taman Mini Indonesia Indah, memiliki banyak tempat wisata yang menampilkan keunikan dan keindahan tanah air, ya. Ada rumah adat, museum, serta wisata edukasi. Jadi, kapan nih berkunjung ke sini?

Tags
Indonesia Jakarta jakarta timur Travelingyuk wisata jakarta
Share