Wisata ke Museum dengan Nama Maestro Seni Rupa Indonesia

Dalam perjalanan hidupnya, setiap seniman pasti menghasilkan banyak sekali karya di bidangnya. Ragam karya tersebut biasa menghiasi museum-museum yang ada di Indonesia. Namun untuk mengenang beberapa pelaku seni rupa, beberapa daerah di Indonesia membuat lokasi khusus untuk mengenang para seniman tersebut. Bahkan ada museum dengan nama seniman yang telah dibangun di Indonesia. Seperti pada beberapa tempat ini.

1. Museum Sindusudarsono Sudjojono

Berisi karya S. Sudjono dari tahun ke tahun via instagram/@semarang_gallery

Berada di bilangan Raya pasar Minggu, Jakarta Selatan, museum ini berisi karya S. Sudjono dari tahun ke tahun. S. Sudjono sendiri adalah seniman yang lahir di Kisaran, Sumatera Utara. Selain dikenal sebagai pelukus, beliau juga memiliki wawasan yang luas tentang seni rupa hingga juga menjadi seorang kritikus seni. Museum ini buka mulai pukul 09.00 hingga 15.00 dan libur di hari Senin.

buka mulai pukul 09.00 hingga 15.00 via instagram/@semarang_gallery

2. Museum Basoeki Abdullah

berisi lukisan dan koleksi pribadi dari maestro kelahiran Surakarta via instagram/@naila_aunika

Museum Basoeki Abdullah berisi lukisan dan koleksi pribadi dari maestro kelahiran Surakarta, Jawa Tengah. Selain lukisan, di dalam  Jalan Keuangan Raya Cilandak Barat, Jakarta Selatan ini kamu dapat menemukan berbagai benda seni rupa seperti patung, topeng, dan wayang. Beliau dikenal sebagai pelukis beraliran realis yang karyanya banyak menghiasi Istana Negara dan Istana Kepresidenan.

Karyanya sering menghiasi dinding Istana Merdeka via instagram/@tinialynn_

3. Museum Affandi Kusuma

Kurang lebih 300 seni lukis karya Affandi Kusuma dapat kamu temukan di sini via instagram/@vinakasim

Tak hanya di Jakarta, di Yogyakarta pun kamu dapat menemukan museum serupa. Tepatnya berada di Jalan Laksda Adi Sucipto, kamu dapat menemukan kurang lebih 300 seni lukis karya Affandi Kusuma. Beliau sendiri merupakan seniman yang karyanya sering dipamerkan secara tunggal di kalangan seniman internasional sejak tahun 1950.

Karyanya dipamerkan secara tunggal di kalangan seniman internasional sejak tahun 1950 via instagram/@trbanasekarb

4. Museum Hendra Gunawan

Karya Hedra Gunawan di Ciputra Artpreneur via instagram/@artpreneur

Meskipun nama intinya adalah Ciputra Artpreneur, di dalamnya kamu dapat menemukan banyak sekali karya seni lukis dari Hendra Gunawan. Seniman kelahiran Bandung 11 Juni 1918 tersebut merupakan seniman lukis dan pematung yang cukup tersohor. Di dalamnya kamu dapat menemukan lebih dari 130 karya Hendra Gunawan.

Terdapat setidaknya 130 karya Hendra Gunawan via instagram/@artpreneur

Berwisata ke museum tentu saja dapat menjadi pengalaman baru yang tak kalah seru. Terlebih lagi jika museum tersebut diisi dengan karya seni dari maestro-maestro yang tersohor. Museum mana yang pernah kamu kunjungi?

 

Tags
Indonesia Museum Seni Rupa Wisata
Share