Empat Museum di Batu yang Cocok untuk Rekreasi Sembari Edukasi

Memiliki alam yang cantik dan nyaman untuk ditinggali, Batu menjadi salah satu pilihan destinasi Indonesia yang banyak diburu saat musim liburan tiba. Tidak heran jika saat musim liburan Batu akan sangat padat oleh wisatawan. Alam-alamnya memiliki keindahan yang seakan tiada habisnya. Selalu saja ada hal-hal baru yang ditawarkan dan sangat menggiurkan untuk dijelajahi.

Selain alam, Batu menyuguhkan banyak wahana wisata apik yang tak boleh ketinggalan, yakni museum. Selain berwisata, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk sarana edukasi, mulai dari organ tubuh manusia, hewan, sampai kesenian.

1. Museum Angkut

Museum Angkut Kota Wisata Batu, via Instagram dinastywisata_singosari

Berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung No.2 Batu, Ngaglik, Batu, Museum Angkut memiliki desain bangunan yang megah di atas tanah seluas kurang lebih 3,8 hektar. Di lokasi ini terdapat lebih dari 300 koleksi jenis angkutan, mulai dari yang tradisional sampai modern. Museum ini dibagi menjadi beberapa zona dan sudah mulai beroperasi sejak bulan Maret 2014. Lokasi ini bisa jadi ajang edukasi mengenai transportasi untuk semua kalangan.

Salah satu zona di Museum Angkut, via Instagram dianiayun

2. Museum D’Topeng Kingdom

Museum D’Topeng Kingdom Via Instagram ariessyaktiawan

Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu dengan museum satu ini karena terbilang masih baru. D’Topeng Kingdom berada di lokasi yang sama dengan Museum Angkut. Di museum ini, ada setidaknya 2000 topeng khas yang berasal dari penjuru Tanah Air. Tak hanya itu, tersedia pula barang-barang antik lain yang bisa digunakan untuk edukasi.

Topeng-topeng antik di D’Topeng Kingdom, via Instagram frankzra

3. The Bagong Adventure, Museum Organ Tubuh

Pintu masuk The Bagong Adventure, via Instagram kabarinews

Untuk mempermudah pembelajaran anatomi bagi anak-anak, The Bagong Adventure, Museum Organ Tubuh ini patut untuk direkomendasikan. Di dalamnya banyak multimedia yang bisa menjadi alat untuk belajar. Lokasinya ada di Jalan Kartika No. 1, Sisir, Batu. Seperti halnya Museum Angkut, wana wisata ini juga terbagi menjadi beberapa zona, sehingga cukup mempermudah proses belajar. Satu lagi keuntungan yang bakal kamu dapatkan saat berkunjung ke sini adalah bisa memperoleh check-up gratis dengan tenaga medis.

4. Museum Satwa

Museum Satwa Batu, via Instagram tovanper

Museum Satwa berada di Jatim Park 2, Jalan Oro-Oro Ombo No.9, Batu, dan memiliki bangunan megah dengan memiliki desain cukup unik. Bagian dalamnya adalah perpaduan antara Kebun Binatang dan Taman Margasatwa, namun dalam bentuk hewan yang sudah mati dan diawetkan. Informasinya cukup lengkap, seperti nama latin, asal, dan cerita informatif lainnya.

Belajar tidak hanya di dalam kelas atau kampus saja bukan? Banyak lokasi asyik lainnya yang bisa digunakan untuk menimba ilmu. Empat museum di atas tentunya bisa menjadi alternatif untuk memperkaya pengetahuan, kan?

Tags
museum di Batu tempat wisata di Batu wisata edukasi
Share