Museum dan Monumen Kapal di Indonesia, Destinasi Wisata Tipis-tipis saat Ramadan

Ramadan tidak menghalangimu untuk jalan-jalan ya Teman Traveler. Jika tidak kuat ke medan berat seperti air terjun, ada banyak alternatif lainnya. Misalnya saja jelajah museum, di dalam ruangan dan tak menguras energi banyak. Jika yang bertema perjuangan sudah mainstream, kali ini Travelingyuk memberikan rekomendasi museum dan monumen kapal di Indonesia. Mana saja lokasinya?

Monumen Kapal Selam, Surabaya

Monkasel Surabaya, via Instagram/christiantotangkau
Monkasel Surabaya, via Instagram/christiantotangkau

Ada salah satu tempat wisata di Surabaya yaitu monumen tentang kapal yang begitu kondang. Namanya adalah Monuman Kapal Selam atau Monkasel. Alamatnya berada di Jl. Pemuda No. 39, Embong Kaliasih, Genteng, Surabaya. Jam buka museum dan monumen kapal di Indonesia ini mulai dari pukul 08:00 sampai dengan 22:00 WIB.

Merupakan kapal selam TNI angkatan laut tipe Whiskey buatan Uni Sovyet tahun 1952, dan memiliki sejarah panjang perjuangannya. Untuk monumen ini sendiri, sudah resmi berdiri sejak 20 Juni 1998.

Museum Bahari Jakarta

Museum bahari yang Instagenic, via Instagram/rossyrostiawati
Museum bahari yang Instagenic, via Instagram/rossyrostiawati

Museum Bahari memiliki banyak koleksi berbagai jenis perahu tradisional sampai zaman VOC. Ditambah lagi koleksi para pelaut masa lalu. Tidak hanya itu saja, ada juga data dan jenis biota laut Indonesia di dalamnya.

Museum Bahari, via Instagram/linda_kussoy
Museum Bahari, via Instagram/linda_kussoy

Museum dan monumen kapal di Indonesia ini berada di bawah pengawasan Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta. Alamat Museum Bahari di Jl. Pasar Ikan No. 1, Sunda Kepala, Jakarta Utara. Waktu operasionalnya, Selasa-Minggu, pukul 09:00 sampai dengan 15:00 WIB.

Museum Kapal Samudraraksa, Magelang

Museum Kapal Samudraraksasa, via Instagram/amitrifa
Museum Kapal Samudraraksasa, via Instagram/amitrifa

Di sekitaran Candi Borobudur, tepatnya di zona penyangga II, ada Museum Kapal Samudraraksasa. Ini merupakan museum yang dibangun untuk mengingatkan kembali kejayaan nenek moyang Indonesia yang berhasil mengarungi Samudra Hinda sampai Afrika. Tempat ini sudah diresmikan sejak 31 Agustus 2005, dan memiliki beragam koleksi di dalamnya.

Museum Maritim Indonesia

Museum Maritim, via Instagram/farinaalbaniyar
Museum Maritim, via Instagram/farinaalbaniyar

Selanjutnya ada Museum Maritim Indonesia yang terbilang baru. Sudah soft launching sejak Desember 2018, dan grand launchingnya pada Juli 2019. Koleksi di dalamnya ada berbagai miniatur kapal tardisional sampai modern, dan lain-lain. Tempat ini dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia II.

Sementara alamatnya ada di kawasan ini berada di depan gdeung Port of Tanjung Priok, kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. Buka Selasa sampai Jumat, pukul 09:00 sampai dengan 16:00 WIB. Lalu untuk Sabtu dan Senin pukul 09:00 sampai dengan 17:00 WIB.

Museum memang tempat yang sangat strategis jadi jujukan saat Ramadan ya Teman Traveler. Jadi, mau ke mana lagi selanjutnya?

Tags
Indonesia monumen kapal di Indonesia monumen kelautan Museum museum dan monumen kapal di Indonesia Wisata
Share