Mudik Dulu dan Sekarang, Apa Saja Bedanya?

Tradisi mudik sudah mendarah daging di Indonesia. Pulang kampung merupakan fenomena luar biasa yang terjadi satu tahun sekali, yaitu saat Idul Fitri tiba. Hiruk pikuknya bahkan sudah terasa 3 bulan sebelum keberangkatan. Sudah ada dari zaman dahulu kala, tentunya kamu juga merasakan perbedaan mencolok mudik saat ini dengan beberapa tahun lalu. Lalu, apa saja ya kira-kira perbedaanya mudik dulu dan sekarang?

Infrastruktur Lengkap dan Nyaman

Tol baru makin banyak, via Instagram/arizhou
Tol baru makin banyak, via Instagram/arizhou

Hal pertama yang tentu saja menjadi perhatian khusus adalah infrastruktur yang semakin lengkap dan nyaman. Beberapa tahun belakangan dikebut berbagai pembangunan jalan tol, pelabuhan, bandara, dan halte untuk memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia. Karena jalan tol juga sudah semakin banyak, waktu mudik jadi makin singkat. Setidaknya mengurai kemacetan yang selama ini terjadi.

Dahulu, mudik seakan menjadi perjuangan tersendiri. Infrastruktur belum memadai dan fasilitas umum juga tidak lengkap seperti sekarang ini. Jadi, mudik memakan waktu yang lama. Akomodasi juga belum banyak seperti sekarang ini, terutama untuk daerah-daerah terpencil di berbagai pelosok Nusantara.

Kecanggihan Teknologi yang Memudahkan

Teknologi yang memudahkan, via Shutterstock
Teknologi yang memudahkan, via Shutterstock

Hal lainnya adalah kecanggihan teknologi yang begitu memudahkan para pemudik. Sekarang sudah ada aplikasi peta online, seperti halnya Google Maps, ojek online, aplikasi pemesanan tiket yang banyak dan lain-lain. Akhirnya, proses mudik sendiri tidak memakan waktu yang lama. Tidak perlu antre-antre lagi hanya untuk mendapatkan tiket.

Sebelum adanya berbagai teknologi yang memudahkan seperti sekarang ini, hanya untuk membeli tiket saja perlu antre lama di loket penjualan. Tentu saja ini memakan waktu dan energi. Pesan tiket jadi tidak praktis, waktu bersama dengan keluarga juga terkuras.

Informasi Pom dan Resto Terdekat Makin Mudah

Rest Area semakin banyak, via Shutterstock
Rest Area semakin banyak, via Shutterstock

Mudik, terutama menggunakan kendaraan pribadi merupakan tantangan tersendiri. Maka dari itulah, informasi mengenai pom, rest area, ataupun juga tempat makan sangatlah penting. Sekarang mencari berbagai informasi mengenai rest area dan juga resto terdekat juga makin mudah. Banyak aplikasi yang akan membantu mudikmu.

Dahulu, mencari pom ataupun juga resto tentunya merupakan PR tersendiri. Karena smartphone belum ada, harus mencari informasi dari mulut ke mulut ataupun rutin mencari berita di televisi. Tentunya butuh waktu sendiri untuk menyimak berbagai berita yang sedang berlangsung.

Bagaimana Teman Traveler, sudah siap mudik ke kampung halaman? Yuk persiapkan kondisi kendaraan dan badan.

Tags
beda mudik dulu dan sekarang mudik dulu dan sekarang mudik Indonesia Tradisi Mudik
Share