Monumen Jogja Kembali, Wajib Mampir di Bulan Kemerdekaan Indonesia

Agustus adalah bulannya kemerdekaan Indonesia. Banyak cara bisa Teman Traveler lakukan untuk mengapresiasi jasa pahlawan dalam melepaskan Nusantara dari belenggu penjajah. Salah satunya adalah mengunjungi destinasi wisata sejarah seperti Monumen Jogja Kembali alias Monjali.

Mengenang ke Masa Kemerdekaan

2_BlH.JPG
Deretan seragam tentara dari masa penjajahan hingga kemerdekaan (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Monumen Jogja Kembali memiliki koleksi lengkap terkait sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Alamatnya ada di Jalan Ringroad Utara Ngaglik-Kabupaten Sleman. Teman Traveler takkan kesulitan menemukannya, karena arsitektur bangunannya cukup unik dan kelihatan mencolok.

3_VJ3.jpg
Rute kunjungan (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Terdiri dari tiga lantai, museum ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti perpustakaan, teater mini, serta area khusus untuk memanjatkan doa bagi para pahlawan.

4_I14.JPG
Dinding besar berisi nama pahlawan (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk
5_DRD.JPG
Puisi karya Chairil Anwar (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Masuk ke lantai satu, Teman Traveler akan menemukan perpustakaan
dan pameran aneka koleksi senjata, foto, dan dokumen. Ada juga sejumlah benda dan perabotan yang dulunya menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan di masa penjajahan.

Diorama Bikin Suasana Lebih Hidup

6_Gg9.JPG
Diorama di lantai dua (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk
7_Jm8.JPG
Diorama di lantai satu (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Lanjut ke lantai dua, Teman Traveler akan mendapati sejumlah relief dan ruangan diorama. Diorama di lantai 2 dilengkapi efek suara, hingga suasana sekitar terasa makin hidup. Dinding tempat memamerkan diorama dibuat cekung dan dilapisi lukisan latar sehingga membuat semuanya tampak kian nyata.

Mendoakan Pahlawan di Garbha Graha

8_LNs.JPG
Ruang untuk mendoakan para pahlawan (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Beranjak ke lantai tiga, Teman Traveler akan dibawa menuju ruangan besar berisi relief dinding dan bendera merah putih. Ruangan bernama Garbha Graha ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin mendoakan dan mengenang jasa para pahlawan.

Ruangan di puncak bangunan Monumen Jogja Kembali ini berbentuk kerucut. Di dalamnya tidak diisi dengan diorama atau koleksi apapun. Hanya ada bendera merah putih dan relief. Suasananya terasa begitu sunyi. Suara apapun yang Teman Traveler keluarkan bakal langsung menggema.

9_7bC.JPG
Relief bertuliskan surat Presiden Soeharto (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Teman Traveler bisa mencoba mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur di sini. Jangan heran jika hati kalian tiba-tiba terasa bergetar. Sebab suasana di sini begitu sunyi sehingga kalian bisa memanjatkan doa dengan lebih khusyuk.

Mampir ke Taman Pelangi

11_GLM.jpg
Taman Pelangi yang ada di depan Monjali (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang mengunjungi Monjali bersama dengan adik maupun buah hati, tak ada salahnya menghabiskan waktu lebih lama di sini. Begitu malam menjelang, kalian bisa mampir ke Taman Pelangi, destinasi indah dengan suguhan lampu serta lampion warna-warni. Tempat ini baru buka sekitar pukul 17.00.

12_Slq.JPG
Tempat istirahat dekat kantin (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Kalian hanya perlu bayar tiket masuk Rp10.000 saja. Tempat ini buka tiap Selasa hingga Minggu dan beroperasi antara pukul 08.00 hingga 16.00. Jika sedang jelajah wisata Jogja, jangan lupa berkunjung ke destinasi bernuansa sejarah ini ya. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke Monumen Jogja Kembali?

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor monumen jogja kembali Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share