Wisata Sejarah Perjuangan Soekarno di Jakarta

Kita sudah sampai di bulan yang sangat bersejarah sekali untuk Indonesia! Sadar atau tidak, bulan Agustus punya magis yang sanggup menaikan secara instan jiwa nasionalis kita!Baiknya kamu pilih list wisata sejarah perjuangan soekarno di Jakarta sebelum berangkat.

Kalau kamu pengin ngerasain liburan sekaligus mengikuti napak tilas perjuangan Ir.Soekarno meraih kemerdekaan Indonesia, Agustus adalah bulan yang tepat. Tidak perlu traveling ke tempat jauh kok, di Jakarta ada tempat yang sangat bersejarah bagi Ir.Soekarno meraih kemerdekaan dan kamu bisa meneteskan air mata mengingat perjuangan Soekarno di tempat-temapat ini.

1. Tempat Pembacaan Proklamasi (Mounumen Proklamasi)

Wisata sejarah soekarno jakarta
Monumen Proklamasi via Shutterstock

Berlangsung pada hari Jum’at jam 10.00 WIB – 17 Agustus 1945, pembacaan proklamasi dilakukan oleh Bung Karno sebagai tanda kemerdekaan Indonesia dan lepas dari segala jenis penjajahan bangsa manapun.

Monumen proklamasi terletak di Jl. Proklamasi, RT.10/RW.2, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Tempat ini mempunyai monumen patung Bung Karno dan Bung Hatta di mana di antara mereka terdapat teks proklamasi raksasa. Tidak cuma itu, di sekitar monumen kamu bisa mengikuti upacara seperti yang kita lakukan saat kita bersekolah dengan suasana yang lebih nasionalis.

Kamu sudah pasti sering nonton video pembacaan proklamasi dimana ada Bung Karno dan Bung Hatta dengan lantang membacakan deklarasi kemerdekaan, nah ini saat yang tepat buat kamu datang dan membaca langsung teks proklamasi yang dipajang di sini.

2. Lokasi Perancangan dan Pengetikan Proklamasi (Museum perumusan naskah Proklamasi)

Wisata sejarah soekarno jakarta
Gedung Perencanaan Proklamasi via Instagram @digitamagabumon

Awalnya bangunan ini adalah rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda yang merupakan laksamana Jepang saat itu. Jadi secara tidak langsung, pembuatan rencana kemerdekaan dirancang di kandang lawan.

Wisata sejarah soekarno jakarta
Gedung Perencanaan Proklamasi via Instagram @digitamagabumon

Kamu bisa mengikuti riwayat pejuang Indonesia, mulai dari menculik Ir.Soekarno hingga proses pengetikan teks proklamasi oleh Sayuti melik dengan cara mengikuti rute perjalanan pada museum ‘MUNSAPROK’ ini. Kalau pengen ngerasain bagaimana tekanan proklamasi Ir.Soekarno demi Proklamasi, kamu perlu main ke tempat ini teman Traveler.

3. Kantor Perdagangan VOC (Galangan Kapal VOC)

Wisata sejarah soekarno jakarta
Gedung Galangan Kapal VOC via Instagram @djkarta1o1

Ada lagi kantor perdagangan di Jakarta yang merupakan pusat peradaban Indonesia saat itu! Bung Karno dan para pejuang bisa bangkit dan memukul balik Belanda di kala itu! Kantor perdagangan VOC atau biasa dikenal dengan Galangan Kapal VOC ini terletak di Jl. Kakap No. 1 Kelurahan Penjaringan, DKI Jakarta-Indonesia. 

Kamu bisa mendapatkan beberapa peninggalan dari VOC, seperti siapa saja pejabat Belanda yang dulu memimpin, juga beberapa ulasan sejarah birokrasi Belanda dan Indonesia kala itu. Bangunan Galangan Kapal VOC ini sudah berdiri sejak tahun 1628, lho.

Menurut akun Instagram @djakarta101, di sini juga terdapat resto untuk pengunjung. Jadi kamu bisa ngopi dengan nuansa belanda di Jl.Kakap No. 1-3 Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta.

4. Pusat Perdagangan Jakarta Tempo dulu (Kota Tua)

Wisata sejarah soekarno jakarta
Kota Tua Jakarta via Shutterstock

Kamu mungkin sudah sering denger nama Kota Tua di Jakarta. Kawasan ini memiliki banyak cerita bersejarah dan sempat menjadi pusat perdagangan Jakarta. Saat itu Ir. Soekarno mulai memimpin negara. Selain foto-foto, kamu juga bisa berwisata sejarah.

Kota tua jaman dahulu merupakan tempat perdagangan dari India Belanda, Pribumi Indonesia dan China, kamu bisa mengikuti riwayatnya di museum fatahilah yang juga ada di kota tua. Di museum ini kamu bisa mengetahui perbedaan kehidupan rakyat Indonesia sebelum dan sesudah Ir.Soekarno.

Selanjutnya juga ada museum Bank Indonesia di sekitaran kota tua yang dibangun sejak 1828. Dulunya gedung ini merupakan Dejavasche bank yang merupakan milik VOC. Di museum Bank Indonesia ini kamu bisa mengikuti sejarah perekonomian Indonesia sebelum merdeka hingga merdeka.

Tetaplah merdeka dan jangan lupa perjuangan bapak proklamator kita wahai pemuda milenial! Bagaimana, wisata mana yang mau Teman Traveler kunjungi lebih dulu?

Tags
Batavia Indonesia Jakarta Kota Tua Jakarta museum jakarta soekarno Wisata
Share