Minuman Sehat untuk Lebaran, Tubuh Fit di Hari Kemenangan

Setelah puasa sebulan penuh, Hari Kemenangan kerap jadi momen ‘balas dendam’. Limpahan sajian Lebaran kalap dilibas hingga tak terasa berat badan bertambah. Tubuh pun jadi rentan terkena penyakit. Nah, agar tak sampai parah, ada beberapa minuman sehat untuk Lebaran yang bisa dicoba.

Sajian minuman sehat ini mudah diracik karena bahan-bahannya ada di sekitar kita. Ampuh membantu badan tetap sehat selama menjalani lebaran, sekaligus dijadikan jadi perekat keakraban di Hari Kemenangan. Yuk, simak ulasannya.

Kelapa Muda

Ampuh untuk menawar racun (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Air kelapa muda pasti jadi jujugan pertama para pemburu takjil selama ngabuburit atau menjelang maghrib. Selain murah, mudah untuk mendapatkannya. Mengonsumsinya juga tak butuh pengolahan khusus.

Mudah didapatkan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tak hanya airnya saja yang dimanfaatkan, daging kelapa juga terasa lembut dan kenyal. Enak ketika dimakan. Tak heran jika buah ini paling sering dipadukan dengan olahan minuman lain, selain penampilannya yang memang cantik.

Tebu

Batang tebu yang sudah dikupas kulit luarnya (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tanaman ini dulunya hanya bisa ditemui di bulan-bulan tertentu karena budidayanya masih terbatas untuk industri. Namun kini, banyak yang siap menjajakannya, terutama saat Ramadan tiba .

Tebu, manis dan menyegarkan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Air perasan dari tanaman sejenis rerumputan ini memang terasa sangat menyegarkan. Sensasi manisnya bikin ketagihan saat sudah menyentuh kerongkongan, menjadikannya banyak diburu. Segelas es tebu murni benar-benar pas untuk hilangkan dahaga saat Lebaran.

Jeruk Peras

Jeruk jenis baby java harganya lebih murah (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Keberadaan buah satu ini sekarang lebih mudah ditemui. Tekstur kulitnya keras dan melekat dengan daging buah, sehingga jeruk ini di hanya bisa konsumsi dengan dibelah atau diperas. Harga murah membuat buah dengan rasa manis ini mengalami lonjakan permintaan saat Ramadan.

Segelas jeruk peras (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Kesegaran perasan air jeruk peras memang tidak perlu diragukan lagi. Dahaga usai berpuasa bakal terpuaskan seketika usai meminumnya. Benar-benar mantap.

Jeruk Nipis

Mudah didapat dan harganya murah (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Buah murah dan mudah didapat ini memiliki rasa asam yang cukup dominan. Namun di balik itu, kandungan peluruh lemaknya juga sangat tinggi.

Bisa juga dijadikan infused water (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Sangat cocok dijadikan pendamping makanan saat lebaran. Apalagi umumnya sajian Idul Fitri mengandung banyak lemak dan kaya unsur kolesterol. Para tamu pasti akan senang menikmati minuman penutup berbahan jeruk nipis.

Markisa

Tampilan lucu dan terlihat menyegarkan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Buah kecil ini tampilannya sudah terlihat sangat menyegarkan begitu matang. Siapapun pasti bakal tergoda mencicipinya. Namun kadang hal tersebut justru bisa menipu. Markisa dengan kulit merah keunguan justru memili rasa asam dominan.

Ampuh memberantas kolesterol (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Mengolah markisa menjadi minuman segar memang butuh sedikit proses. Ada yang langsung menambahkan gula atau direbus terlebih dahulu. Dengan sensasi asamnya yang khas, buah satu ini banyak diburu sebagai
sajian Lebaran.

Itulah lima minuman sehat untuk Lebaran yang bisa jadi pilihan untuk mendampingi aneka sajian makanan di Hari Kemenangan. Ingat, meskipun makanan dan beragam kue melimpah, jangan lupa jaga kesehatan ya Teman Traveler.

Tags
kontributor kuliner tips dan inspirasi Travelingyuk
Share