Cara Mudah Jaga Kesehatan Tubuh Selama Berwisata dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Ketika akan memulai perjalanan wisata, pastinya akan ada banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari barang-barang yang akan dibawa, uang sampai dengan perbekalan untuk dapat dijadikan pengganjal perut atau pelepas dahaga selama di perjalanan.

Namun, jika Anda sembarangan dalam mengonsumi makanan atau minuman, maka selain tubuh akan justru menjadi lemas, kesehatan juga akan terganggu. Oleh karenanya, Anda harus selektif dalam memilih apa saja yang harus dimasukkan ke dalam tubuh.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan dan minuman yang patut dijadikan pertimbangan untuk dibawa selama Anda akan melakukan traveling ke suatu tempat, kota atau negara lain.

1. Oatmeal

Oatmeal [image source]
Oatmeal [image source]
Oatmeal adalah makanan ringan yang terkadang dianggap sebagai pengganjal perut di kala lapar saja. Akan tetapi, jika Anda tahu kelebihan dari jenis makanan ini, maka tentunya akan sering mengonsumsinya. Pada saat akan melakukan traveling atau sedang dalam perjalanan, mengonsumsi oatmeal adalah disarankan karena kadar serat yang tinggi di dalamnya dapat menjaga sistem pencernaan dan sirkulasi di dalam tubuh.

2. Buah-buahan

Buah-buahan [image source]
Buah-buahan [image source]
Untuk snack atau camilannya, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air. Hal ini dikarenakan buah-buahan selain memiliki vitamin dan nutrisi tinggi untuk tubuh, juga mempunyai berbagai macam fungsi lainnya yang sangat penting untuk kesehatan. Buah yang disarankan, seperti melon, apel, jeruk sampai dengan blackberry atau blueberry.

3. Sandwich

Sandwich [image source]
Sandwich [image source]
Jenis makanan satu ini dapat Anda buat sendiri di rumah atau juga membelinya di swalayan atau minimarket. Usahakan untuk lebih memilih sandwich yang menggunakan selai kacang dibandingkan dengan jelly lainnya. Hal ini dikarenakan kacang lebih memiliki tingkatan serat tinggi dibandingkan jelly.

4. Smoothie

Smoothie [image source]
Smoothie [image source]
Seperti halnya sandwich, Anda juga dapat membuat jenis minuman smoothie sendiri di rumah. Bahan yang dipergunakan sangat beragam. Namun dari banyaknya ragam bahan yang dapat digunakan, upayakan untuk memakai buah yang banyak mengandung serat dan juga mencapurnya dengan daun mint.

5. Salad

Salad [image source]
Salad [image source]
Akan terasa susah jika Anda termasuk orang yang tidak begitu suka sayur-sayuran. Akan tetapi, salad adalah salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi ketika atau sedang dalam perjalanan. Salad ini dapat dicampur dengan beberapa jenis makanan lain seperti daging atau ikan-ikanan.

6. Air kelapa

Air kelapa [image source]
Air kelapa [image source]
Bukan suatu hal yang baru lagi bahwa air kelapa sangat baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi air kelapa saat perjalanan, maka kekurangan ion dan regenerasi air dalam tubuh akan lebih cepat didapatkan. Tidak hanya itu saja, air kelapa juga kabarnya memiliki kadar gula rendah serta mempunyai kandungan serat, protein yang dapat meningkatkan energi.

7. Air putih

Air putih [image source]
Air putih [image source]
Tentu saja, manusia tidak dapat lepas dari pengonsumsian air putih dalam setiap harinya. Untuk menjaga kesehatan, setiap orang wajib mengonsumsi air putih, setidaknya 8 gelas dalam satu hari. Untuk itu, ketika akan bepergian atau sedang dalam perjalanan, konsumsi air putih sesering mungkin agar metabolisme dalam tubuh dapat terus terjaga dan juga semua racun yang dapat keluar melalui air seni atau keringat akan lancar.

Walaupun tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan-makanan lain, bahkan yang masuk dalam kategori junkfood atau juga yang memiliki kadar gula tinggi, namun tidak ada salahnya, bukan, untuk lebih memilih makanan atau minuman yang sehat dan dapat membuat tubuh menjadi terus bugar dan fit selama di perjalanan.

Tags
makanan dan minuman tips jaga kesehatan tips traveling
Share