Minuman Khas Solo, Hangat atau Dingin Segarnya Pecah!

Minuman khas Solo tersedia dalam varian dingin dan hangat. Keduanya memberikan sensasi segar yang sama-sama pecah di tenggorokan! Teman Traveler yang akan atau sedang jalan-jalan ke Solo wajib banget nyicipi minuman-minuman ini. Setelah kenyang dengan Selat Solo, Tengkleng, Sate Kere sampai Timlo, saatnya melepas dahaga dengan mereka. Apa saja minuman-minuman khas Solo? Ini dia!

1. Es Teler Kobar

Es Teler Kobar, Segarnya Bikin Semangat Berkobar-kobar
Es Teler Kobar, Segarnya Bikin Semangat Berkobar-kobar via Instagram/solodelicious

Es Teler Kobar merupakan menu andalan yang dijual di salah satu tempat nongkrong seru di Solo. Nama tempatnya adalah Es Kobar. Minuman ini berisi kelapa muda, alpukat dan bahan-bahan lain yang umum ada di dalam seporsi es teler. Teman Traveler bisa icip kesegaran es ini di depan Lapangan Kota Barat. Seporsi es teler yang dijual di sini, cukup murah, hanya sekitar Rp 8 ribu.

2. Es Dawet Jeruk Nipis

Cobain Sensasi Baru Minum Es Dawet di Pak Cip
Cobain Sensasi Baru Minum Es Dawet di Pak Cip via Instagram/indahwidowati77

Minuman khas Solo yang akan pecah di tenggorokan saking segarnya adalah Es Dawet Jeruk Nipis. Selama ini Es Dawet dikenal sebagai minuman dengan kuah santan dan gula merah, tapi di tempat Pak Cip, yang sudah jualan sejak 40 tahun lalu, dawet tidak disajikan dengan campuran santan melainkan sirup merah dan perasan jeruk nipis. Untuk merasakan kesegarannya, Teman Traveler bisa datang ke kawasan Pasar Kadipolo. Di sana, ada Dawet Pak Cip yang legendaris. Harganya? Sekitar Rp 3 ribu untuk satu gelas.

3. Es Potjong

Es Potjong yang Gak Ada Serem-seremnya
Es Potjong yang Gak Ada Serem-seremnya via Instagram/espotjong

Es Potjong merupakan salah satu minuman yang hits di Solo. Alih-alih menyeramkan, seporsi Es Potjong ini menyegarkan, Teman Traveler. Di dalam satu gelasnya, terdapat bubur sumsum, sirup merah, creamer, mochi dan aneka topping yang kekinian, seperti oreo, cereal, nata de cocok, buah strawberry atau kelapa muda. Kedai yang menjual Es Potjong bisa ditemukan di sekitar Jalan Slamet Riyadi. Harganya? Masih di bawah Rp 10 ribu.

4. Wedang Asle

Semangkuk Wedang Asle yang Elok Rupawan dan Menyegarkan
Semangkuk Wedang Asle yang Elok Rupawan dan Menyegarkan via Instagram/jajansolo

Minuman khas Solo yang ini akan memberikan Teman Traveler kehangatan. Ya. Karena Wedang Asle memang disajikan hangat. Dalam semangkuknya, terdapat ketan putih yang rasanya manis, potongan agar-agar, roti tawar yang lalu disiram dengan santan hangat. Pas banget dikonsumsi malam hari. Pedagang Wedang Asle di Solo, tidak sulit ditemukan. Selain itu, satu porsinya juga ramah di kantong.

5. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh, yang Tampilannya Memang Seperti Tumpukan Sampah
Wedang Uwuh, yang Tampilannya Memang Seperti Tumpukan Sampah via Instagram/dhikanov

Dalam bahasa Jawa, ‘uwuh’ artinya adalah sampah. Dilihat dari penyajiannya, Wedang Uwuh memang seperti tumpukan sampah. Padahal, tidak begitu. Di dalam seporsi Wedang Uwuh, Teman Traveler akan menemukan irisan jahe, kayu secang, kayu manis, cengkih, kapulaga, daun pala berikut palanya, serai dan gula batu. Semua dicampur jadi satu, sehingga seperti tumpukan sampah.

Meski begitu, jangan ragukan khasiatnya. Karena terbuat dari herbal, minuman ini punya manfaat besar untuk tubuh. Ia dapat bantu menjaga stamina, menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi pegal serta capek. Wah cocok ya, setelah lelah seharian jalan-jalan di Solo, minum Wedang Uwuh langsung segar kembali.

6. Wedang Ronde

Semangkuk Wedang Ronde Siap Menghangatkanmu
Semangkuk Wedang Ronde Siap Menghangatkanmu via Instagram/adindasfr

Minuman khas Solo ini, juga punya manfaat untuk tubuh. Saat menyeruputnya, Teman Traveler akan merasakan hangat air jahe dan sereh yang sudah dicampur gula. Selain itu dalam satu porsi Wedang Ronde, terdapat mochi ketan, kacang tanah sangrai, roti tawar yang diiris dadu dan kolang kaling yang diiris tipis. Selain hangat dan bermanfaat, minuman ini mengenyangkan.

Tertarik untuk mencicipi minuman khas Solo ini? Selain menyegarkan, minuman-minuman ini dijual dengan harga yang terjangkau. Tidak membahayakan bagi kantong, apalagi dompet. Bagaimana, mana yang paling disukai Teman Traveler?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner minuman khas solo Solo
Share