Ragam Minuman Khas Padang, Anti Haus Saat Berpetualang

Padang selama ini identik dengan nasinya yang sudah melalangbuana. Hampir semua daerah di Indonesia terdapat rumah makan nasi Padang dengan ciri khasnya masakan yang memiliki bumbu yang melimpah dangan citarasa yang sangat kaya. Ternyata, Padang tidak hanya memiliki ragam masakan enak, banyak juga minuman khas yang perlu untuk dicicipi. Berikut ini daftar minuman khas Padang yang jadi rekomendasi untuk dicicipi.

Jus Pinang Muda

Jus pinang muda, Via Instagram saintlouis89
Jus pinang muda, Via Instagram saintlouis89

Siapa sangka, di Padang pinang muda dijadikan jus yang banyak dijual di kedai minuman yang terapat di pinggir jalan. Konon, mengosumsi jus pinang muda ini bisa meningkatkan stamina pria dan juga mengobati badang pegal-pegal. Jus ini terbuat dari pinang muda yang dikorek bagian isinya lalu dicampur dengan kuning telur ayam kampung, madu, susu kental manis dan segelas air panas. Ada juga penjual yang menambahkan jahe sebagai penambah rasanya.

Teh Talua

Teh Talua, Via Instagram nofrins
Teh Talua, Via Instagram nofrins

Teh talua merupakan salah satu minuman yang amat sangat terkenal di Sumatera Barat, tidak terkecuali di Padang. Hampir semua rumah makan di Padang menyediakan minuman yang sangat unik ini. Ini merupakan minuman yang berasal dari perpaduan antara teh dan juga telur. Banyak yang mengosumsi minuman ini sebagai penambah tenaga. Selain teh dan telur, ada pula campuran lainnya berupa gula dan juga bubuk vanili yang semakin memperlezat rasanya.

Aia Kawa

Aia Kawa, Via Instagram takanakafe
Aia Kawa, Via Instagram takanakafe

Ada pula minuman yang bernama aia kawa atau teh daun kopi. Seperti namanya, minuman ini merupakan teh yang terbuat dari daun kopi. Cara pembuatannya, daun kopi yang memiliki kualitas bagus dikeringkan dengan cara disangrai kurang lebih 12 jam kemudian dicampur dengan air dingin lalu diseduh dengan air mendidih. Selanjutnya, ditambah gula pasir sesuai dengan selera masing-masing.

Es Durian Ganti Nan Lamo

Es Durian Ganti Nan Lamo, Via Instagram dita2504
Es Durian Ganti Nan Lamo, Via Instagram dita2504

Sudah menjadi rahasia umum jika masyarakat Padang sangat menggemari buah durian. Nah, salah satu olahan buah durian yang cukup lawas dari Padang bernama es durian ganti nan lamo. Ini merupakan es yang terdiri atas potongan cincau, potongan agar-agar hangkue, cendol, cairan gula, susu, es serut dan juga durian. Durian di sini diblender sehingga teksturnya makin halus. Lalu di atasnya ditambah dengan susu kental manis.

Es Tebak

Es Tebak, Via Instagram pramonomamas
Es Tebak, Via Instagram pramonomamas

Es tebak bisa dibilang es campurnya masyarakat Padang. Tebak merupakan makanan yang mirip cendol yang terbuat dari tepung beras. Bedanya dengan cendol teksturnya lebih keras dan memiliki warna putih. Sekilas malah mirip kelapa muda. Sementara itu campuran bahan lainnya ada cincau, hagkue warna merah jambu, tape singkong, nangka, kolang-kaling, dan diberi sirop warna warni serta susu kenal manis.

Itulah ragam minuman khas Padang yang bisa kamu cicipi ketika bertandang ke sana. Semoga informasi di atas membantumu ya.

Tags
Indonesia minuman khas padang Padang
Share