Ragam Minuman Khas Jepara, Bisa Banget untuk Takjil Berbuka

Advertisement

Jepara merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang selama ini identik dengan Ibu Kartini. Seperti yang kita ketahui bersama, Jepara memang menjadi kota kelahiran Ibu Kartini, pejuang emansipasi wanita. Banyak sekali destinasi sejarah di dalamnya. Nah, tak hanya banyak destinasi sejarah, Jepara juga menyuguhkan ragam kuliner yang susah ditampik kelezatannya. Misalnya saja ragam minumannya. Ada setidaknya lima minuman khas Jepara yang bisa jadi pilihan menu berbuka.

Es Dawet Jepara

Es Dawet Jepara, Via Instagram zheni_fm
Es Dawet Jepara, Via Instagram zheni_fm

Jika Banjarnegara memiliki es dawet ayu yang terkemuka, Jepara juga memiliki es dawet yang tidak kalah nikmatnya. Namanya adalah es dawet Jepara. Dalam segelas es dawet Jepara ini biasanya akan ada cendol, santan, dan gula merah. Untuk menambah rasanya makin istimewa, biasanya di kuahnya diberi tambahan durian.

Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret, Via Instagram afterworking
Es Gempol Pleret, Via Instagram afterworking

Kuliner segar lainnya dari Jepara yang bisa dicicipi kenikmatanya saat berbuka puasa adalah es gempol plered. Rasa manisnya yang enak dan kesegarannya yang sangat pas, membuatnya jadi menu yang sempurna untuk berbuka puasa. Obat pelepas dahaga dan pengembali tenaga. Biasanya es gempol plered ini akan ada gempol yakni bola-bola yang terbuat dari adonan tepung beras. Ditambah dengan santan, sirup, dan es batu yang bikin rasanya mak nyuss.

Es Rumput Laut

Es Rumput Laut, Via Instagram pku.eatery
Es Rumput Laut, Via Instagram pku.eatery

Buat kamu yang sedang jalan-jalan di Jepara bagian pesisirnya, bisa menjajal kesegaran dari es rumput laut. Dalam seporsi es rumput laut biasanya akan ditambahkan banyak bahan. Sebut saja buah-buahan, nangka, jelly, dan beberapa bahan lainnya. Khasnya, rumput lautnya cukup banyak, jadi buat kamu penyuka hidangan ini silahkan mencobanya.

Adon-adon Coro

Adon-adon Coro, Via Instagram eidfood
Adon-adon Coro, Via Instagram eidfood

Adon-adon coro merupakan minuman tradisional khas Jepara. Sebenarnya, ini merupakan jamu yang terbuat dari rempah-rempah seperti halnya kayu manis, daun pandan, merica bubuk, lengkuas, jahe, cengkeh, lalu disriam dengan santan dan gula merah. Citarasanya cenderung pedas dan hangat. Bikin sehat dan rasanya nikmat.

Kopi Tempur Jepara

Kopi Tempur khas Jepara, Via Instagram thefadlun
Kopi Tempur khas Jepara, Via Instagram thefadlun

Selain adon-adon coro, minuman khas Jepara yang bisa jadi takjil buka puasa adalah kopi tempur Jepara. Ini merupakan kopi unggulan dari Jepara, khususnya dari Desa Tempur. Warna hitam dari kopi tempur ini sangat khas dan tidak dibuat-buat. Bisa banget jadi menu saat berbuka nanti. Dipadukan dengan kuliner manis lainnya juga tidak kalah enaknya. Karena rasanya yang sangat khas, kopi tempur ini juga banyak disuguhkan di berbagai hotel.

Jika kamu sedang berjelajah ke Jepara kala bulan puasa tiba, jangan lupa cicipi minuman khas yang sudah disebutkan sebelumnya ya. Semoga perjalananmu menyenangkan.

Advertisement
Tags
es khas Jepara Indonesia Jawa Tengah Jepara minuman khas Jepara
Share