Mie Tjwan, Cita Rasa Legendaris di Cipete Jaksel

Mie sudah jadi salah satu makanan populer di Indonesia. Tak heran jika sejak dulu sudah banyak penjual yang tawarkan olahan mie dengan racikan resep khas, bahkan hingga melegenda. Salah satunya adalah Mie Tjwan.

img_4373_HyP.JPG
Nongkrong di kedai Mie Tjwan (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Sesuai namanya, mie ayam ini merupakan hasil racikan resep seorang Tionghoa bernama Liem Hoo Tjwan. Buat Teman Traveler yang penasaran, bisa langsung mencicipi Mie Tjwan di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Lantas seperti apa lezatnya? Yuk Teman Traveler, kita simak ulasan berikut.

Cita Rasa yang Khas

img_4367_0oK.JPG
Penyajian yang unik (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Kedai Mie Tjwan mengusung misi menyajikan mie yang serupa dengan racikan Liem Hoo Tjwan di 1921 silam. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut mereka meracik mie dengan panduan resep asli sang founder yang konon sudah berusia ratusan tahun. Memasaknya pun masih menggunakan metode asli dan tradisional.

img_4369_gdH.JPG
Ditempatkan dalam wadah mungil (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Mie Tjwan sendiri dibuat dengan standar kesehatan dan kebersihan khusus. Bahan-bahan utamanya meliputi tepung Jawa, air garam Bali, dan telur ayam. Mie lantas dibumbui dengan 10 rempah pilihan dan disajikan bersama pangsit goreng, sayuran, dan ayam cincang segar. Rasanya? Luar biasa nikmat!

Bikin Nagih

img_4368_2aC.JPG
Kemasan mie ayam yang unik (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Kedai ini tak hanya sediakan mie Teman Traveler. Menu lain yang patut untuk kalian coba adalah Sayoer Tjwan, Ajam Tjwan dan Boeboer Tjwan. Sementara untuk minumannya, kalian bisa pesan tiga varian berbeda, yaitu Tee Manies Wangie, Tjiengtjao, dan Djeroek peras murnie.

Selain Mie Tjwan, satu lagi menu yang bikin nagih di sini adalah Sayoer Tjwan. Beberapa dekade silam, mie racikan Liem Hoo Tjwan kerap disajikan bersama ayam bumbu kecap asin, sehingga hidangan pendamping yang jad pilihan kala itu adalah sayuran dengan sentuhan bumbu bawang putih.

img_4370_7yE.JPG
Seperti produk lawas ya Teman Traveler? (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Menu pendamping ini benar-benar wajib Teman Traveler cicipi. Sayuran langsung dimasak dan disajikan, segera setelah pesanan masuk. Hal ini untuk menjaga kandungan nutrisinya. Rasanya sangat nikmat, apalagi dicocol ke dalam saus kental dari bawang putih dan minyak wijen. 

Interiornya Instagenic

img_4375_6Us.JPG
Suasana di dalam kedai (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Tak hanya hadirkan sajian lezat, kedai ini juga memililki tempat yang cukup bagus. Dekorasi ruangannya cukup Instagenic, dengan hadirnya tembok berwarna biru tosca dan deretan tanaman kaktus sebagai hiasan.

Pengunjung dijamin bakal merasa nyaman makan di sini. Selain bisa mencicipi hidangan lezat, bisa sekalian berfoto untuk menambah konten anyar di media sosial. Tak heran jika kebanyakan pelanggan biasanya menghabiskan waktu akhir pekan di sini. Banyak juga mahasiswa yang sengaja mampir untuk sekedar berfoto.

img_4403_UEQ.jpg
Lambang merek Mie Tjwan (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Jika Teman Traveler ingin mencicipi, sebaiknya tidak datang terlalu sore. Meski kedai baru resmi tutup pada pukul 20.00, biasanya mie sudah habis sekitar pukul 17.00. 

Lokasi Mudah Dijangkau

img_4381_Wbj.JPG
Kedainya mudah dijangkau (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Mie Tjwan bisa Teman Traveler temukan di Jalan Cipete Dalam No. 37, Fatmawati, Jakarta Selatan. Mereka biasanya buka mulai pukul 09.00 sampai 20.00. Buat Teman Traveler yang mager datang ke lokasi, tenang saja. Mie yang bikin nagih ini sudah bisa dipesan via aplikasi ojek daring kok.

Bagaimana sudah ngiler dan tertarik mencoba makanan satu ini Teman Traveler? Yuk, segera mampir ke Jakarta Selatan dan buktikan sendiri rasanya yang melegenda. 

Tags
Jakarta kontributor kuliner jakarta mie tjwan Travelingyuk
Share