Olahan Mi dari Riau, Hati-hati Kamu Akan Tergoda Kenikmatannya

Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia menyimpan beragam kuliner enak dan menggiurkan, tak terkecuali dengan Riau. Wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Madani ini menawarkan ragam kuliner yang menggugah selera. Dari beragam kuliner yang ditawarkan, kali ini akan dibahas olahan mi dari Riau. Ada apa saja?

Mi Sagu

Mi Sagu, via Instagram/jogjafoodhunter
Mi Sagu, via Instagram/jogjafoodhunter

Dari Provinsi Riau ada yang namanya mi sagu yang memang seringkali banyak diburu para wisatawan. Seperti namanya, kuliner satu ini terbuat dari sagu yang memiliki kadar gula rendah. Mi satu ini biasanya diolah dengan sayuran, ikan teri, irisan daun kucai, dan juga telur. Rasanya enak dan boleh banget dicoba kala jelajah Riau.

Mi Tarempa

Mi Tarempa, via Instagram/darihalte_kehalte
Mi Tarempa, via Instagram/darihalte_kehalte

Mi Tarempa atau yang juga disebut dengan mi siantan ini juga terkenal di Riau. Campurannya mulai dari udang, taoge, kecap, dan juga cabai rawit. Kuliner ini bisa dinikmati dalam bentuk basah ataupun juga goreng. Untuk versi gorengnya, akan mengandung lebih banyak kecap dibanding dengan yang kuah.

Lakse Kuah

Lakse kuah, via Instagram/diayse83
Lakse kuah, via Instagram/diayse83

Kemudian ada Lakse Kuah yang memiliki bahan dasar ikan laut. Lakse kuah pada umumnya memanfaatkan ikan tongkol ataupun teri yang ditumbuk halus, kemudian ditambah mi yang berbahan dasar sagu. Untuk membuat kuahnya makin creamy, dipadu dengan santan. Makin sedap dengan berbagai rempah di dalamnya, seperti halnya ketumbar, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan lain-lain.

Mi Lendir

Mi lendir, via Instagram/ninja.kuliner
Mi lendir, via Instagram/ninja.kuliner

Riau memang kondang dengan mi lendir yang rasanya tidak perlu untuk diragukan lagi. Ciri khas olahan ini adalah memiliki kuah kental seperti lendir, maka dari itu dinamakan demikian. Kuahnya diberi bahan seperti halnya kacang tanah, ubi, dan paling utama adalah bumbu-bumbu rempah khas Riau.

Biasanya juga ditambah dengan bahan-bahan seperti halnya telur rebus, taoge, dan potongan cabai rawit. Buat kamu pecinta pedas, kuliner bikin nafsu makan beringas.

Buat Teman Traveler pecinta aneka olahan mi, cicipi jika tengah traveling ke Kepulauan Riau. Selama ini yang kondang memang mi lendir, namun olahan lainnya juga perlu dicoba lho.

Tags
Indonesisa kepulauan riau mi dari Riau olahan mie dari Riau Riau
Share