Mie Gomak, Spaghetti Khas Batak yang Menggetarkan Lidah

Jika kamu sedang liburan ke Medan, maka sempatkan untuk berkunjung ke kabupaten Toba Samosir. Karena di sini ada kuliner khas yang pedas nan lezat bernama mie gomak. Namanya begitu karena dalam proses pembuatannya, mie diaduk langsung dengan tangan alias gomak.  Kamu juga akan melihat para penjual memasaknya dengan tungku demi menjaga rasa dan aroma bumbu Andalimannya yang terkenal itu.

Mie Gomak
Mie Gomak [image source]
Meski mirip dengan mie Aceh, kuliner ini sejatinya memiliki perbedaan pada ukuran yang lebih besar dan padat. Karena menggunakan jenis mie lidi, maka dijuluki spaghetti-nya orang Batak. Salah satu daya tariknya adalah aroma rempah Andaliman. Yaitu bumbu masak khas alias mericanya orang Batak. Rempah khas Medan ini berbentuk seperti lada mungil berwarna hijau dengan rasa pedas dan asam.

Mie Gomak
Mie Gomak [image source]
Andaliman pulalah yang menyumbang rasa spesial dan tak akan ditemui di tempat lain. Kamu akan merasakan tekstur mie yang kenyal-kenyal gurih dengan sentuhan pedas dan asam yang pas. Ada banyak sekali menu olahan mie gomak seperti mie gomak kuah, mie gomak goreng sampai mie gomak bumbu kacang.

Mie Gomak
Mie Gomak [image source]
Untuk bisa menikmati satu porsi mie gomak, kamu bisa menemukannya di warung pinggir jalan sepanjang Siantar, Parapat, Balige, Labuhan Batu, Sibolga sampai Tapanuli. Tak perlu bingung kantong bakal bolong saat menyantap mie gomak, karena satu porsinya dijual mulai lima ribu rupiah. Begitu murah dan mampu membuat kamu bahagia!

Tags
Indonesia Medan Mie Gomak Sumatera Utara
Share