Kuliner Toba Samosir yang Saking Lezatnya Sampai Bikin Kangen

Advertisement

Sumatera memang tidak sepopuler Bali. Namun, keindahan di pulau ini tetap menawan dan bikin ketagihan. Salah satunya Toba Samosir, kabupaten di Sumatera Utara yang terletak tepi Danau Toba. Tidak hanya pesona alamnya, kota ini juga memiliki banyak kuliner enak dan mengenyangkan. Wah, seperti apa sih menu makanan yang memanjakan lidah serta perut ini? Berikut ulasannya!

Mie Gomak

Mie Gomak
Mie Gomak [image source]
Kuliner satu ini menjadi kenangan tak terlupa bagi penduduk Balige yang merantau ke luar Sumatera Utara. Mie Gomak adalah makanan khas Toba Samosir khususnya kota Balige yang memiliki cita rasa tinggi. Berbeda dengan lainnya, mie ini berukuran besar menyerupai pasta dan umumnya disajikan dengan kuah berbumbu cabai, andaliman, serta rempah lainnya. Untuk kamu yang berniat mencicipi makanan ini, coba saja berkunjung ke pasar tradisional Balige, tepatnya di Warung Mie Gomak Ma’Reni. Selain enak, harganya juga murah dan aman untuk kantong. Cukup hanya Rp 5000- Rp 10000 untuk satu porsi. Di sini, kamu tidak hanya dapat merasakan sedapnya Mie Gomak tapi juga melihat bangunan pasar yang masih tradisional dan kental akan budaya Batak.

Pasar Tradisional Balige
Pasar Tradisional Balige [image source]
Lokasi : Jl. Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22312

Pizza Andaliman

Pizza Andaliman
Pizza Andaliman [image source]
Liburan ke Danau Toba dan objek wisata Toba Samosir makin seru dengan mencicipi Pizza Andaliman di Cafe & Resto Boruku Toba Art. Bentuk boleh Italia, namun rasa dari kuliner satu ini Batak banget. Ya, Pizza Andaliman dimodifikasi dengan berbagai rempah khas setempat hingga memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Untuk harganya juga lumayan terjangkau mulai dari Rp 7.000 – 60.000 tergantung variasi ukuran dan juga taburan di atasnya. Wah, penasaran dengan kuliner satu ini kan?

Pizza Andaliman Toba Samosir
Pizza Andaliman Toba Samosir [image source]
Lokasi : Jl. Siborong Borong – Parapat, Sangkar Nihuta, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara
No Telepon : 0852-7766-8800
Jam Buka : 10.00–21.00

Ikan Bakar Khas Pesisir Danau

Pantai Lumban
Pantai Lumban [image source]
Keindahan Danau Toba memang bisa dilihat dari berbagai sudut. Selain dari bukit, kamu pun bisa menikmati semilir angin danau di pesisir pantainya, seperti Pantai Bul Bul Balige. Nah, tidak hanya menyajikan air danau yang asri, di pantai ini juga terdapat warung makan dengan menu Na Tinombur atau ikan bakar. Soal rasa, ikan bakar di sana enak dan nendang. Apalagi dengan sambalnya yang super pedas. Untuk harga dibandrol sekitar 90 ribu rupiah perkilogramnya. Jangan lupa untuk melepas dahaga dengan membeli minuman kelapa muda seharga Rp15.000,00.

Ikan Bakar Pantai Lumban
Ikan Bakar Pantai Lumban [image source]
Lokasi : Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara

4. Kopi Hitam Sumatera

Kopi Sumatera
Kopi Sumatera [image source]
Toba Samosir tidak hanya tentang pemandangan danau yang eksotis. Tapi, kota ini juga ini dekat dengan salah satu bandara di Sumatera Utara, Silangit Airport. Karena itu pula, rugi jika tidak menikmati kopi hitam khas Sumatera di sini. Tidak perlu jauh-jauh, cukup ke Ardha Cafe di Jl. Gereja tepat di depan Rumah Sakit HKBP. Minuman hitam pekat di kafe ini tidak hanya menggoda dari aromanya tapi juga enak di lidah. Selain kopi, hidangan lain juga tersedia di sini. Jarak dari bandara pun terbilang dekat sekitar 19 km atau sekitar 30 menit. Nah, dari bandara banyak taksi serta travel yang siap mengantar kapanpun kamu mau.

Menu di Ardha Cafe
Menu di Ardha Cafe [image source]
Lokasi : Jl. Gereja Balige, Kabupaten Toba Samosir(depan Rumah Sakit Balige)

Jelajah Toba Samosir memang tidak akan ada habis hanya dalam waktu sehari semalam saja. Karena itu pula, perpanjang liburanmu ke sini dan coba bermalam di hotel-hotel lucu yang langsung menghadap langsung ke Danau Toba, Seperti Tiara Bunga Hotel.

Advertisement
Tags
Explore Toba Samosir kuliner Kuliner Toba Samosir
Share