Sensasi Menyantap Mie Gacoan, Kuliner Pedas Jagoan Blitar

Verwati Iriani

Verwati Iriani

On Indonesia
Mie Gacoan Blitar Mie Gacoan Blitar

Mie termasuk salah satu hidangan pokok yang digandrungi. Belakangan, olahan tepung tersebut banyak tampil dengan wajah baru. Bahkan naik kelas ketika disandingkan dengan bahan tertentu. Nah, bagi Teman Traveler yang sedang berada di Blitar, wajib menjajal Mie Gacoan.

Mie Gacoan termasuk barisan hidangan kekinian. Konsumen bisa memilih tingkat kepedasan sesuai selera. Meski termasuk baru, usaha kuliner satu ini sukses memancing animo tinggi warga Blitar. Penasaran seperti apa istimewanya? Mari simak penuturan kontributor Travelingyuk, Verwati Iriani, berikut ini.

1. Mie Jagoan nan Kekinian

Suasana di dalam kedai mie (c) Verwati Iriani/Travelingyuk
Suasana di dalam kedai mie (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan Mie Gacoan? Dalam Bahasa Jawa, gacoan berarti jagoan atau andalan. Dengan kata lain, bisa dikatakan nama tersebut mengemban harapan agar mie yang disajikan menjadi terbaik di antara yang pernah ada.

Tempat nongkrong kekinian (c) Verwati Iriani/Travelingyuk
Tempat nongkrong kekinian (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Mengusung konsep kafe, Mie Gacoan menawarkan tempat makan luas, bernuansa kekinian, cocok sekali untuk kalangan muda. Atmosfernya sangat mendukung untuk nongkrong dan yang tak kalah penting, tempat ini Instagramable. Sembari menunggu pesanan datang, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan pemainan yang disediakan pengelola.

2. Pedas Menantang

Tampilan menggoda Mie Gacoan (c) Verwati Iriani/Travelingyuk
Tampilan menggoda Mie Gacoan (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Dari segi rasa, Mie Gacoan sebenarnya tak jauh beda dibanding mie pedas yang sering kita tahu. Konsumen bebas memilih tingkat kepedasan sesuai selera. Istilah yang diberikan untuk tiap levelnya cukup unik, mulai dari angel, setan, hingga iblis.

Jadi Teman Traveler yang tak tahan makanan pedas tak perlu khawatir. Cukup pesan mie angel yang disajikan tanpa cabai sama sekali. Sementara bagi yang ingin tantangan atau menambah selera makan, dipersilahkan menjajal level setan atau bahkan iblis.

3. Makan Ditemani ‘Pocong’

Dimsum hangat nan nikmat (c) Verwati Iriani/Travelingyuk
Dimsum hangat nan nikmat (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Satu porsi Mie Gacoan terdiri dari pangsit goreng, mie dengan taburan daun bawang dan bawang goreng, ayam cincang, plus cabe rawit. Biji-biji cabe tampak berhamburan, aura pedasnya terasa sangat kuat. Porsinya juga cukup banyak, dijamin puas.

Nah, untuk menetralisir pedas jangan lewatkan pangsit gorengnya. Isiannya berupa ayam cincang halus yang nikmat. Selain itu juga ada menu pendamping seperti macam-macam dimsum. Teman traveler bisa menikmati mie dan dimsum dengan harga tak lebih dari Rp12 ribu rupiah.

4. Minuman Nama Unik

Minuman segar netralisir rasa pedas (c) Verwati Iriani/Travelingyuk
Minuman segar netralisir rasa pedas (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Masih kepedasan? Jangan khawatir, Teman Traveler bisa memesan sejumlah minuman unik seperti es tuyul, pocong, kuntilanak, dan genderuwo. Masing-masing hadir dengan isian buah dan beragam ukuran berbeda. Harganya mulai dari enam ribu rupiah, murah meriah bukan?

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai daya tarik dan kelezatan Mie Gacoan di Blitar. Bagi Teman Traveler yang sedang beada di kota kelahiran Bung Karno, tak ada salahnya menjajal sajian pedas menantang satu ini.