Mie Dan Nasi Goreng Bardi, Cita Rasa Bumbu Nusantara Khas Aceh

Advertisement

Aceh dengan julukan Serambi Mekkah ini terkenal dengan wisata religinya. Namun, tiap sudut kota memiliki kuliner yang super ciamik. Banyak hidangan khas Aceh yang wajib untuk kamu cicipi. Salah satunya adalah Mie Aceh. Hidangan mie dengan berbahan dasar tepung ini kaya akan cita rasa bumbu khas Indonesia. Selain itu ciri khas mie Aceh justru terletak pada penggunaan mie kuning basah. Tekstur mie ini lebih lembut dan ukurannya pun lebih besar dibandingkan dengan mie telur. Kemudian mie kuning basah tidak mudah menjadi lembek meskipun dimasak dengan kuah.

Mie Aceh dengan topping kepiting yang lezat. Foto via gotravely.com

Mie Aceh yang rekomended ini dapat kamu temukan di warung Mie dan Nasi Goreng Bardi. Seperti namanya, pasti menu andalannya adalah mie dan nasi goreng. Tetapi menu favorit untuk kalangan pelancong pastinya memilih Mie Aceh. Ditiap menu terdapat beberapa pilihan topping yang bervariasi, seperti Mie Aceh Udang, Mie Aceh Kepiting dan juga Mie Aceh Cumi. Bagi kalian yang kurang menyukai seafood kalian juga bisa memesan Mie Aceh biasa seperti Mie Aceh daging sapi atau daging kambing. Adalagi pilihan topping unik dengan memakai daging rusa atau kamu bisa mix topping sesuai selera.

Mie Aceh dengan kuah yang kental serta topping yang nikmat. Foto via idrtimes.com

Tapi ada satu menu di sini yang katanya rasanya sangat nikmat hingga membuat kalian ingin kembali lagi ke rumah makan yang satu ini. Nama menunya adalah Mie Aceh Racing, bagi mereka yang telah mencobanya konon katanya pasti ingin mencoba lagi. Dan konon katanya hidangan ini bisa begitu enak karena di tambahkan bumbu khusus. Lebih lezatnya lagi karena taburan bawang goreng, emping melinjo, potongan bawang merah, mentimun dan juga jeruk nipis membuat tampilan dan rasa sangat menyatu.

Mie Aceh dengan tambahan daging sapi dan taburan bawang goreng yang gurih. Foto via foursquare.com

Mie Aceh ini salah satu hidangan lintas budaya, dengan kuah seperti khas India, tekstur mie yang kenyal ala Tionghoa. Daging sapi, kambing ala masakan Islam, serta seafood mewakili wilayah Aceh yang dikelilingi oleh perairan atau lautan. Mie dan Nasi Goreng Bardi ini terletak di Jalan Residen Danubroto Kota Banda Aceh. Apabila anda berangkat dari pusat kota Banda Aceh lokasi ini dapat ditempuh kurang lebih 15 menitan.

Mie Aceh dengan kuah yang banyak bisa kamu reques ke petugasnya. Foto via garnesia.com

Jam operasional warung ini buka pada pukul 13.30 WIB dan tutupnya sekitar pukul 24.00 WIB. Disarankan kalau mau datang lebih awal atau kalau tidak datang sore sekalian karena ketika jam baru buka rumah makan ini akan sangat ramai sekali. Jadi buat kalian yang sedang berada di Banda Aceh jangan lupa mampir dan mencicipi hidangan khas Aceh ini ya. Di jamin tidak akan menyesal!

Advertisement
Tags
Kuliner Aceh kuliner khas Indonesia Kuliner Mie Kuliner Nusantara Wisata Kuliner
Share