6 Mie Ayam Legendaris di Jogja

Bukan hanya Gudeg saja, ternyata kuliner Jogja juga terkenal karena mie ayam. Ya, kota cantik yang berada di tengah pulau Jawa ini memiliki puluhan warung makan dengan menu Mie Ayam paling yahud dan tak ada duanya. Saking enaknya, beberapa terkenal hingga didengar oleh para wisatawan luar negeri.  Berikut ini Travelingyuk merangkumkan Mie Ayam terenak dan paling rekomended di Jogja. Dijamin bikin ketagihan, loh!

1. Mie Ayam Pak Wiyono

Mie Ayam Pak Wiyono
Mie Ayam Pak Wiyono [image source]
Porsi mantap harga hemat, Mie Ayam Pak Wiyono tempatnya. Kuliner ini terletak di daerah Sendowo, menawarkan menu yang banyak atau lebih sering disebut dengan porsi kuli. Bahkan tak sedikit dari pengunjung yang kesusahan mengaduk mie di dalam mangkok. Pun demikian, soal rasa pasti bikin ketagihan. Selain kuahnya yang kental, potongan ayam serta bakso gorengnya juga enak. Sayang, tempatnya tergolong kecil, sehingga kamu harus lama mengantri untuk duduk jika datang ke sana.

Mie Ayam Pak Wiyono, Jogja
Mie Ayam Pak Wiyono, Jogja [image source]
Lokasi : Jalan Sendowo F No.129, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Buka : 11.00 – 17.00

Harga : 8 – 10 ribu / porsi

2. Mie Ayam Bangka Pak Apo

Mie Ayam Bangka Pak Apo, Jogja
Mie Ayam Bangka Pak Apo, Jogja [image source]
Jika Warung Pak Wiyono menggunakan bakso goreng sebagai topingnya, lain lagi dengan Mie Ayam Bangka Pak Apo. Masih menggunakan irisan potongan ayam, kuliner Jogja yang sudah ternama ini memakai tauge rebus. Hal itu justru menambah sensasi krenyes-krenyes ketika makan. Selain itu, teksturnya lembut dan juga kenyal. Belum lagi tambahan kaldunya yang pasti nendang di lidah. Nah, Warung  Pak Apo ini menyediakan mie ayam porsi sedang dan jumbo. Tentu saja, harga untuk sepors terbilang cukup murah dari 6 hingga 18 ribu rupiah.

Mie Ayam Bangka Pak Apo
Mie Ayam Bangka Pak Apo [image source]
Lokasi : Jl. Titi Bumi No.139, Banyuraden, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55293

Buka : 10.00- 16.00

Harga : 6- 18 ribu

3. Mie Ayam Bu Tumini ‘Sari Rasa jati Ayu’

Mie Ayam Ibu Tumini
Mie Ayam Ibu Tumini [image source]
Terkenal hingga ke penjuru negeri. Warung Bu Tumini dengan menu yang dijuluki sebagai mie ayam ndeso. Telah berdiri lebih dari 20 tahun lamanya, disebut-sebut sebagai keliner terlezat di kawasan selatan Jogjakarta. Bagaimana tidak, mie buatan sendiri ini memiliki ukuran cukup tebal dan kenyal. Rasanya pun makin mantab ketika disiram dengan kaldu pekat yang sudah diramu dengan rempah-rempah lengkap. Cita rasanya pun makin enak setelah diberi potongan ayam yang pasti menggugah selera. Kamu juga bisa memesan mie ayam ceker, mie ayam ukuran jumbo, mie ekstra ayam atau sawi dan varian lain jika berkunjung ke sini.

Mie Ayam Ibu Tumini, Jogja
Mie Ayam Ibu Tumini, Jogja [image source]
Lokasi : Jl. Imogiri Timur Nomor 18, Umbulharjo, Sebelah Utara Terminal Giwangan

Buka : 10.00-17.00

Harga : 8-10 ribu

4. Mie Ayam Tunggal Rasa

Mie Ayam Tunggal Rasa, Jogja
Mie Ayam Tunggal Rasa, Jogja [image source]
Nah, bagi kamu yang tinggal di Jogja, pasti tahu betul dengan mie ayam satu ini. Namanya Tunggal Rasa dan cukup terkenal sejak beberapa tahun lalu. Selain memiliki rasa yang lezat, mie satu ini juga terkenal unik. Mengapa demikian? Lihat saja porsi mie dalam foto di atas. Dengan terobosan baru yaitu menggunakan pangsit sebagai mangkok . Dalam satu porsi, terdapat isian yang sangat lengkap mulai dari potongan ayam, sawi segar, bakso, pangsit basah hingga pangsit kering. Menu ini makin menarik lantaran memiliki dua varian yaitu mie ayam putih dan mie ayam hijau yang menggunakan pewarna alami.

Mie Ayam Tunggal Rasa
Mie Ayam Tunggal Rasa [image source]
Lokasi : Jl. Serma Taruna Ramli Nomor 3, Kotabaru, tepatnya di depan SD Unggaran

Buka : 09.00- 17.00

Harga : 6 – 15 ribu

5. Mie Ayam Afui

Mie Ayam Afui, Jogja
Mie Ayam Afui, Jogja [image source]
Merasakan kuliner Jogja, tak lengkap rasanya jika melewatkan mie ayam Afui. Ukurannya lebih kecil dari mie biasanya,tapi tersedia dalam porsi jumbo. Disajikan terpisah dengan kuahnya yang sedap banget dilengkapi potongan daging ayam yang pas. Ada beberapa varian yang bisa kamu pilih, seperti mie ayam biasa, mie ayam mini jumbo, mie ayam jumbo atau mie ayam monster. Sesuai dengan namanya, mie ayam monster memiliki porsi empat kali dari ukuran biasa. Wah, bisa dibayangkan seberapa banyaknya kan?

Mie Ayam Afui
Mie Ayam Afui [image source]
Lokasi : Jl. Tambak Bayan VII daerah Babarsari, Depok, Sleman (belakang kampus Atmajaya)

6. Mie Ayam Goreng Seyegan

Mie Ayam Seyegan, Jogja
Mie Ayam Seyegan, Jogja [image source]
Pecinta Mie Ayam pasti tahu betul dengan menu ini.  Namanya Mie Ayam Goreng Seyegan, salah satu pelopor di Jogja. Berbeda dengan mie ayam sebelumnya, letak warung sedikit ‘blusuk’ lantaran lokasinya jauh dari pusat kota. Kendati begitu, rasa yang ditawarkan bakal membuat kamu jatuh cinta. Makin mantap dengan potongan ayam besar dan juga cekernya yang terkenal empuk.

Mie Ayam Seyegan
Mie Ayam Seyegan [image source]
Lokasi : Jl, Kebon Agung Mlati Sleman Jogjakarta

Buka : 09.00 – 02.00 siang

Nah, sudah tahu kan mana saja mie ayam paling enak di jogja. Jika kamu masih atau akan berkunjung ke Jogja, jangan sampai lewatkan kuliner mie enaknya ya! Dijamin, kamu bakalan ketagihan dengan kuliner di Jogja satu ini.

Tags
kuliner kuliner Jogja wisata jogja
Share