Penasaran Dengan Nikmatnya Mie Ayam Bakar? Buruan Coba!

Advertisement

Ngomongin kuliner, seakan Yogyakarta tak pernah kehilangan cara untuk memanjakan lidah para traveler. Ya, mie ayam salah satu kuliner yang begitu menggoda dan merupakan makanan favorit banyak orang. Selain harganya terjangkau untuk berbagai kalangan, mie ayam juga dapat dinikmati baik di suasana cuaca panas ataupun dingin.

Mie ayam bakar yang khas dengan aroma daun pisang yang segar. Foto via twitter.com

Namun, apa yang kamu bayangkan ketika mendengar mie ayam bakar? Apakah seperti ikan, ayam, atau jagung yang dibakar? Cobalah kunjungi kedai Mie Ayam Bakar Nikmat berada. Kedai ini terletak di Jalan Gotong Royong, TR 2 No 276, Karangwaru Lor, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Tak sulit untuk menemukan lokasi ini karena lokasinya ada di sebelah timur SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Sesampainya di sana, kamu akan menjumpai sebuah kedai yang berukuran lumayan besar dengan bangunan dari anyaman bambu. Aroma wangi daun pisang terbakar pun semerbak sampai luar warung. Warung mie ayam bakar milik Zuriah ini bisa dibilang merupakan salah satu pelopor mie ayam bakar yang ada di Yogyakarta. Pasalnya menurut pengelolanya, Imron, kedai mie ayam bakar ini awal dibuka pada tahun 2007.

Sajian jumbo mie ayam bakar dibungkus dengan daun pisang yang dibakar. Foto via gudeg.net

Sama seperti nasi bakar pada umumnya, kuliner unik ini disajikan dengan cara dibakar terlebih dahulu. Mie ayam yang telah dibumbui dengan bumbu khusus lalu dibungkus dengan daun pisang, dan kemudian dibakar. Penyajian mie ayam bakar ini ditata di atas piring datar yang dilengkapi dengan pangsit dan juga kuah panas untuk campuran mie ayam. Ketika disajikan, mie ayam bakar ini sedikit memberikan kesan seperti nasi bakar, semuanya diselimuti daun pisang yang terlihat hangus dan beraroma wangi daun pisang yang terbakar.

Nah, teman traveler jangan lupa memilih topping yang banyak, diantaranya topping ayam dan jamur. Seperti mie ayam pada umumnya, mie ayam bakar ini juga diberi sayur sawi. Dibandingkan mie ayam biasa, mie ini terlihat lebih kering namun tetap dapat diuraikan, cita rasanya pun kombinasi antara mie ayam Jakarta dan mie ayam Jawa. Rasa kenyal mie, gurih, dan sedikit manis pada topping terasa melebur sempurna ketika mendarat di lidah. Kuah bertabur irisan daun bawang juga memberikan sensasi berbeda ketika dicampurkan.

Lezatnya rasa mie ayam bakar. Foto via gofood.com

Mie ayam bakar ini juga memiliki 4 macam pilihan varian. Yakni mie ayam bakar biasa tanpa topping, mie ayam bakar jamur, mie ayam bakar sosis dan mie ayam bakar komplet dengan topping ayam, jamur, serta sosis. Mie-nya sendiri juga dibuat langsung oleh Imron, bahkan diambil oleh beberapa pedagang mie ayam yang ada di Kota Yogyakarta.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, pastikan jangan datang pada hari Minggu, karena kedai hanya buka hari Senin-Sabtu. Cukup dengan mengeluarkan kocek Rp 11 ribu, kamu sudah dapat mencicipi nikmatnya satu porsi mie ayam bakar ini.

Advertisement
Tags
kuliner Indonesia Kuliner Nusantara kuliner yogyakarta mie ayam bakar Wisata Kuliner
Share