Lezatnya Mie Ayam Afui Jogja, Ada Porsi Monster Lho

Penggemar mie atau bakmi mana suaranya? Salah satu kedai mie ayam di Jogja yang bisa jadi jujugan adalah Mie Ayam Afui Palembang. Mie ayam di sini hadir dengan porsi melimpah dan murah, cita rasanya benar-benar memanjakan.

Mie Ayam Afui Palembang pantang dilewatkan jika Teman Traveler sedang berada di Jogja. Penasaran seperti apa sensasi rasanya? Yuk, simak ulasan berikut.

Bukan Mie Ayam Biasa

Mie Ayam Palembang Afui (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Beda dengan mie ayam umumnya, mie di sini berukuran lebih kecil. Teksturnya kenyal, tapi tidak keras. Kuahnya disajikan terpisah, mirip yammie. Bening, terasa gurih dan asin, namun menyegarkan. Topping daging ayam-nya tampak pucat dan dicincang kecil.

Meski secara penampilan beda dari mie ayam Jawa pada umumnya, mie ayam Palembang memiliki rasa yang tak kalah nikmat. Teman Traveler wajib mencoba jika sedang berada di Jogja.

Menggunakan Mikrofon Saking Ramenya

Antrean pengunjung selalu ramai (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berdiri sejak 2015, tempat makan di Jogja ini tak pernah terlihat sepi pengunjung. Malah semakin ramai, apalagi dengan hadirnya jasa pemesanan online. Saking berbondong-bondongnya pelanggan yang datang, pihak kedai berinisiatif menggunakan mikrofon untuk berkomunikasi dengan staff dapur.

Hal ini terbuktif efektif guna memberikan pelayanan prima pada pelanggan. Menu yang dipesan di akan langsung disampaikan kasir pada bagian dapur untuk segera dimasak. Tak perlu menunggu lama.

Tersedia dalam Berbagai Porsi

Tersedia beragam menu (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Menyantap mie ayam di sini, Teman Traveler bisa menyesuaikan porsi. Mulai dari reguler, mini jumbo, jumbo, super, hingga monster. Bagi kalian yang sudah biasa dengan porsi kecil, bisa memilih reguler. Dijamin sudah cukup puas karena mie yang disajikan pun tidak pelit.

Jika benar-benar ingin makan dengan level ekstrem, Teman Traveler bisa coba porsi monster, setara lima hingga enam porsi reguler. Sebagai catatan, untuk porsi super dan monster hanya berlaku satu orang. Untungnya, jika ada sisa boleh dibungkus dan bawa pulang.

Harga bergantung porsi (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Porsi reguler dibanderol mulai Rp7.000 hingga Rp10.000, tergantung topping-nya. Teman Traveler bisa memilih tambahan pangsit, bakso, atau keduanya. Sementara untuk porsi mini jumbo, jumbo, super, dan monster, ditawarkan dengan harga antara Rp9.000 hingga Rp23.000. Cukup terjangkau, bukan?

Gurih dan Menyegarkan

Mie Afui siap santap (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Salah satu yang bikin Mie Ayam Afui adalah rasanya benar-benar nendang. Meski belum dituang kuah, sudah terasa gurih dan sedap. Ketika kuah benar-benar diguyurkan, mie makin sedap dan segar. Apalagi dengan tambahan pangsit basah, daging ayam cincang, daun loncang, dan sawi.

Bisa ekstra topping bakso goreng (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa request ekstra daun loncang atau acar di atas mie. Rasanya bakal lebih sempurna dengan tambahan pangsit atau bakso goreng. Untuk memperkaya rasa, jangan lupa tambahkan kecap atau sambal.

Jadi Favorit Mahasiswa

Porsi melimpah, harga murah (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Setiap mengunjungi kedai ini, situasinya selalu ramai. Entah saat weekday atau weekend. Tak hanya lezat, harganya juga ramah kantong. Setiap porsi dibanderol mulai Rp7.000 hingga Rp23.000. Tak heran jika kedai Mie Ayam Afui kerap jadi pilihan mahasiswa sebagai penyelamat kelaparan.

Memesan porsi biasa pun, mie-nya dijamin melimpah. Cukup untuk mengganjal perut, tanpa perlu menguras kantong. Selain mahasiswa, mie ini juga jadi idola kalangan luas, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Ada Dua Kedai

Kedai Afui di Tambak Bayan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Dua cabang Kedai Ayam Afui berada tak jauh dari daerah kampus. Cabang pertama ada di Tambak Bayan, dekat Universitas Atma Jaya Kampus 4. Alamat tepatnya ada di Jalan Tambak Bayan, Caturtunggal, Sleman. Buka antara pukul 08.00 hingga 19.00.

Jika berangkat dari Bandara Adisutjipto, Teman Traveler bisa arahkan kendaraan ke barat hingga flyover Janti. Sebelum lampu lalu lintas, belok ke arah timur menuju daerah Tambah Bayan. Begitu melewati Mirota Kampus, akan ada gapura ke arah utara. Kedai Mie Ayam Afui bisa kalian temukan kira-kira 350 meter usai masuk gapura.

Porsi besar patut dicoba (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Cabang kedua berada tak jauh dari Universitas Gadjah Mada dan tak kalah ramai dengan cabang pusat. Alamatnya ada di Jalan Kaliurang km 4,5, Kocoran, Caturtunggal, Sleman. Buka mulai pukul 09.00 dan bisa ditemukan kira-kira 400 meter dari Gedung Pascasarjana FEB ugBM.

Meski lokasinya berada di dalam Gang Kinanthi, cabang kedua ini mudah ditemukan. Teman Traveler pun tak perlu khawatir. Meski merupakan cabang, cita rasanya sama sekali tak berbeda dibanding kedai pusat.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba Mie Ayam Afui Palembang? Siapa di antara kalian yang sanggup menjajal porsi monster?

Tags
Jogja kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta mie ayam afui Travelingyuk
Share