Makanan Khas Riau yang Kaya Bumbu Rempah, Menggugah Selera

Pantai, pegunungan, juga beragam wisata di Indonesia jelas bikin makin cinta dengan Tanah Air. Tak hanya itu, kulinernya juga sangat istimewa. Saat berkunjung ke daerah tertentu, tak ada salahnya mencicipi makanan khas setempat, termasuk Riau. Berikut ulasan mengenai masakan khas Riau dari Travelingyuk agar Teman Traveler tak kebingungan.

Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan via instagram/infomasakapa

Provinsi Riau ini terkenal dengan gulai ikan patinnya, Teman Traveler. Makanan Riau satu ini tepatnya berasal dari Pekanbaru. Gulai ikan patin ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat, dan pucuk daun ubi rebus.

Ciri khas dari gulai ini adalah potongan ikan patin yang disiram dengan kuah kuning. Cita rasa pedas manis pada kuah serta gurihnya ikan patin membuat masakan ini banyak diburu orang saat berkunjung ke Riau. Gulai ini juga sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Teman Traveler bisa dengan mudah menemukan gulai ikan patin di setiap restoran yang ada di Riau.

Gulai Belacan

Gulai Belacan via instagram/nfomasakapa

Gulai Belacan merupakan masakan khas Riau yang wajib disantap ketika Teman Traveler mampir ke Provinsi ini. Belacan itu adalah nama lain dari terasi. Jadi bisa ditebak bahwa makanan khas Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang dicampur dengan terasi, kemiri, lada serta menggunakan asam jawa.

Gulai yang satu ini biasanya menggunakan udang segar yang dimasak dengan santan sehingga memiliki kuah yang kental. Udangnya bisa udang air tawar ataupun udang laut, tergantung selera. Selain udang, bisa juga menggunakan daging atau ikan.

Mie Lendir

Mie Lendir Riau via instagram/dewimuhafriza

Meskipun namanya terbilang agak aneh di telinga, namun mie ini sangat lezat lho, Teman Traveler. Secara umum, mie lendir ini sama mie  lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada kuahnya. Mie lendir ini berkuah sangat kental sehingga menyerupai lendir.

Hal ini dikarenakan kuahnya terbuat dari ubi, kacang tanah, serta berbagai bumbu rempah khas Riau. Jenis mie yang digunakan untuk masakan ini adalah mie kuning. Sebagai pelengkap, ada telur rebus dan juga tauge serbat, serta potongan cabai rawit bagi yang menyukai selera pedas.

Mie Sagu

Mie Sagu via instagram/yangcen8888

Mendengar nama sagu, mungkin Teman Traveler teringat pada kawasan Indonesia Timur yang menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya. Di provinsi Riau, ada satu makanan yang merupakan hasil olahan sagu dan menjadi kuliner khas Melayu. Makanan itu adalah mie sagu dan menjadi makanan khas daerah Selat Panjang, Riau, penghasil sagu terbesar di Indonesia.

Mie sagu adalah panganan yang cocok untuk siapa saja, terutama mereka yang menderita diabetes. Mie sagu sendiri mempunyai tekstur yang kenyal. Untuk penyajiannya, mie sagu dihidangkan bersama bahan pelengkap seperti teri, daun kuncai, dan rebusan tauge.

Segera dicoba ya, Teman Traveler, makanan khas Riau di atas. Jadi oleh-oleh juga boleh, kok.

Tags
Indonesia kuliner khas Indonesia Riau
Share