Minuman Soda Merk Islami, Ada Yang Berasal dari Indonesia

Advertisement

Bukan rahasia lagi jika merk minuman soda yang populer di dunia saat ini berasal dari Amerika Serikat. Namun tak banyak yang tahu jika banyak negara dari Timur Tengah serta negara dengan mayoritas penduduk Islam lainnya juga mengeluarkan brand sendiri untuk minuman soda. Bahkan salah satu merk soda Islami yang dimaksud tadi ada yang berasal dari Indonesia, coba deh lihat daftar di bawah ini.

1. Mecca Cola

Kemasan kaleng dari Mecca Cola via
Kemasan kaleng dari Mecca Cola via enacademic.com

Minuman ini diluncurkan di Paris pada November 2002 oleh pebisnis yang bernama Tawfik Mathlouthi. Tujuan tetap, untuk membuat produk alternatif dari Coca-Cola. Meskipun diciptakan di Paris, saat ini Mecca Cola bermarkas di Dubai, Uni Emirat Arab. Produk ini juga menggunakan 10% dari keuntungannya untuk mendanai proyek kemanusiaan di Palestina.

2. Zam-zam Cola

Zam Zam Cola via
Zam Zam Cola via thelongestway.com

Berbeda dengan Mecca Cola, Zam Zam Cola adalah minuman ringan berkarbonasi yang diproduksi di Iran. Namun kesamaannya adalah, Zam-zam Cola juga menjadi alternatif untuk minuman-minuman berkarbonasi buatan Amerika Serikat. Seperti Coca Cola dan Pepsi. Nama produk ini sendiri diadaptasi dari nama Sumur Zamzam yang ada di Kota Mekah.

3. Qolbu Cola

Qolbu Cola yang hanya punya kemasan kaleng via
Qolbu Cola yang hanya punya kemasan kaleng via practicalmattersjournal.org

Qolbu Cola adalah produk minuman berkarbonasi yang berlabel Islam pertama di Indonesia. Minuman ini merupakan salah satu produk buatan Manajemen Qolbu milik Aa Gym. Meskipun dibuat di Indonesia, minuman ini juga beredar di pasar Timur Tengah. Sedangkan kemasannya sendiri tak memiliki terlalu banyak varian. Qolbu Cola hanya memiliki kemasan kaleng.

4. Qibla Cola

Qibla Cola merk alternatif minuman berkarbonasi via
Qibla Cola merk alternatif minuman berkarbonasi via gettyimages.com

Qibla Cola adalah minuman berlabel muslim yang diproduksi di Inggris. Meskipun begitu, minuman ini juga menjangkau pasar luar inggris. Beberapa komunitas muslim menyambut baik kedatangan merk ini.

Beberapa produk minuman di atas adalah merk-merk soda berlabelkan islam yang sukses meraih pasar di Timur Tengah juga negara-negara lain. Bahkan Indonesia juga memiliki salah satu merk minuman bersoda tersebut. Kalau kamu pernah mendengar salah satu nama di atas?

Advertisement
Tags
Indonesia Inggris Minuman Bersoda Timur Tengah
Share