Dari Pantai Hingga Gunung, Ini Fenomena Alam yang Unik

Advertisement

Alam adalah karya seni terbaik yang dibuat oleh yang mahakuasa. Berbagai macam panorama alam yang indah dapat kita temukan dengan mudah. Begitu pun dengan lansekap unik yang terbentuk karena fenomena alam. Fenomena alam unik ini dapat kamu temukan pada tempat yang akan disebutkan di poin berikut ini.

1. Pantai Tanjung Meriam, Indonesia

Tebing yang berisi batuan heksagonal via instagram
Tebing yang berisi batuan heksagonal via instagram/@riorachmawan22

Pantai ini memiliki bukit yang dipenuhi bebatuan heksagonal. Bahkan bentuknya kurang lebih mirip dengan Planet Krypton yang ada pada film Superman. Tanjung Meriam memiliki lokasi yang masih terpencil, namun banyak wisatawan yang tetap datang demi melihat fenomena tebing unik yang ada di tempat ini.

2. Pantai Berpasir Merah Muda, Indonesia

Pantai Namong di Pulau Komodo dengan pasirnya berwarna pink via instagram
Pantai Namong di Pulau Komodo dengan pasirnya berwarna pink via instagram/@lhakim18

Banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk menikmati pantai di Indonesia. Masing-masing lokasi memiliki karakter dan keunikan yang berbeda-beda. Seperti di wilayah Indonesia Bagian Timur, terdapat empat pantai yang memiliki pasir dengan warna pink yang menarik. Seperti Pantai Pink Lambu di Bima, Pantai Tangsi di Lombok Timur, Pantai Namong di Pulau Komodo, dan Pantai Pink Flores.

3. Taman Nasional Gunung Mulu, Malaysia

Lansekap di Gunung Mulu yang menyerupai pecahan kaca via instagram
Lansekap di Gunung Mulu yang menyerupai pecahan kaca via instagram/@king_abbas75

Taman Nasional Gunung Mulu adalah kawasan yang memiliki keindahan luar biasa. Di sini kamu dapat menemukan berbagai keindahan alam. Panorama paling mencolok di tempat ini adalah jajaran batuan tajam yang menyerupai pecahan kaca dan sangat tinggi. Pemandangan tersebut akan mengingatkanmu pada Planet Krypton dalam Film Superman.

4. Taman Nasional Zhangye, RRC

Tekstur unik di tebing Taman Nasiona Zhangye via instagram
Tekstur unik di tebing Taman Nasiona Zhangye via instagram/@rccam

Taman Nasional Zhangye adalah salah satu kawasan Geopark sekaligus Taman Nasional yang ada di Negeri Tirai Bambu. Pemandangan tebing yang bermotif horizontal ini juga merupakan The Top 10 Geographical Wonders of the World menurut National Geographic. Warna-warna yang ada di tebing Taman Nasional Zhangye ini merupakan efek dari proses kimiawi dan fisika yang terjadi selama milyaran tahun.

5. Glass Beach Fort Bragg, Amerika Serikat

Kaca-kaca yang terkena erosi via instagram
Kaca-kaca yang terkena erosi via instagram/@aubin_day_photography

Umumnya pantai memiliki pasir yang lembut, namun pemandangan tersebut tak akan kamu temukan di Fort Bragg, California. Karena tempat ini dipenuhi dengan batu warna-warni yang terbuat dari kaca. Belasan tahun Fort Bragg menjadi tempat pembuangan sampah bagi warga. Termasuk sampah botol kaca. Karena proses erosi, pecahan kaca tersebut menjadi tumpul dan berbentuk menyerupai manik-manik.

Pemandangan alam yang unik tak hanya dapat kamu temukan di luar negeri. Bahkan Indonesia juga memiliki pemandangan yang tak kalah spektakuler. Seperti yang telah disebutkan. Dari lima poin di atas, mana tempat yang pernah kamu kunjungi?

Advertisement
Tags
Indonesia mancanegara Wisata
Share