4 Merek Kuliner di Indonesia yang Masih Bertahan, Sudah Tahu?

Keunikan dari kuliner Nusantara memang bikin kangen. Apalagi jajanan enak yang sudah langka, atau bahkan tak lagi ditemukan. Namun, dari banyaknya produk yang telah menghilang, masih ada kuliner di Indonesia yang tetap bertahan dan tetap difavoritkan oleh banyak kalangan. Seperti merek kuliner tertua di bawah ini. Apa saja, ya?

1. Sirup Tjampolay

Sirup tjap buah tjampolay
Sirup tjap buah tjampolay via instagram/@citraningputri

Sirup yang berusia puluhan tahun jumlahnya banyak. Salah satunya Sirup Tjampolay yang diproduksi di Cirebon. Sirup ini pertama muncul di tahun 1936, sebelum Indonesia merdeka. Hingga saat ini sudah tiga generasi yang mengelola perusahaan tersebut. Dari tahun ke tahun, inovasi sirup ini tak pernah berhenti. Dari yang awalnya hanya tiga varian, kini sudah lebih dari 5 jenis rasa yang laris manis di pasaran. Bagaimana, Teman Traveler ada yang sudah coba?

2. Ting Ting Jahe

Ting ting jahe
Ting ting jahe via instagram/@fonnybaking

Jika oleh-oleh Cirebon berupa sirup, lain lagi dengan Pasuruan. Kota cantik di Jawa Timur ini terkenal dengan ting-ting jahenya. Permen pedas manis dengan rasa jahe yang menyegarkan. Tak banyak yang tahu, permen berwarna kuning kecokelatan ini sudah ada sejak zaman Belanda. Tepatnya pada tahun 1935 dan telah dijual hingga ke Hongkong, Australia, Amerika, Inggris dan Jerman. Tak hanya legendaris, tapi juga diakui dunia, ya!

3. Kecap Bango

Kecap manis cap bango
Kecap manis cap bango via instagram/@jangkrikkuliner

Kecap Cap Bango memang milik PT Unilever. Namun, mereka kecap satu ini termasuk tertua di Indonesia. Sebelum diambil alih oleh PT. Unilever, Cap Bango sudah menjadi industri rumah tangga sejak tahun 1928 di daerah Benteng,Tangerang. Namun, kala itu mereknya bernama Bango. Meski telah berganti pengelola, namanya masih dikenal. Bahkan makin populer sebagai penambah rasa kuliner Indonesia.

4. Teh Cap Botol

Teh cap botol
Teh cap botol via instagram/@mas_batz5758

Produk teh dengan kemasan cantik memang banyak. Namun, yang legendaris seperti Teh Cap Botol tetap saja difavoritkan. Yap, merek satu ini sudah ada sejak tahun 1940 loh. Pemroduksinya saat ini adalah PT Gunung Slamet Slawi. Masih menggunakan kemasan kertas dengan dominasi warna hijau, aroma teh ini wangi banget. Isinya berupa daun teh kering dan sedikit batang. Nah, teh ini tidak hanya memiliki aroma kuat, tapi juga rasa yang pas dan tidak pahit.

Sudah tahu kan beberapa merek kuliner tertua di Indonesia. Bagaimana, sudah cobain semuanya kan?

Tags
Cirebon Indonesia kuliner merek tua sirup legendaris
Share