Berbagai Menu Sarapan Sehat di Musim Liburan Akhir Tahun, Cocok Untuk Diet!

Advertisement

Siapa bilang liburan akhir tahun terhindar dari diet? Godaan dari berbagai elemen memang membuat pola diet bakal redup. Mulai dari ajakan teman untuk pesta mukbang hingga traveling kuliner yang sungguh lezat. Banyak diantaranya mengesampingkan diet hanya untuk beberapa hari ketika liburan akhir tahun berlangsung. Namun bagi kamu yang tetap pada prinsipnya, diet akan tetap dijalani sesuai jadwal. Pastinya jangan kapok dengan ajakan teman yang begitu menggoda ya teman traveler!

Sajian sarapan untuk program diet ketika liburan akhir tahun
Sajian sarapan untuk program diet ketika liburan akhir tahun. Foto via finansialku.com

Meski diet berlangsung, namun kamu tidak boleh melewatkan sarapan pagi ya! Selagi baik untuk sistem pencernaan juga sarapan sebagai awal kebutuhan gizi tiap orang. Jadi pilihlah menu sarapan dengan kandungan gizi yang cukup agar dapat memenuhi energi tubuh juga membuat rasa kenyang akan lebih lama. Nah, berikut beberapa pilihan makanan yang cocok untuk kamu jadikan sarapan dikala diet berlangsung.

Oatmeal

Satu jenis makanan ini selalu menjadi pilihan bagi siapapun yang berprogram diet. Disamping kaya akan nutrisi, oatmeal juga kaya akan serat yang dapat membuat perut mu akan terasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan gizi lainnya seperti antioksidan, sama lemak, omega-3 asam folat dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan.

Oatmeal menjadi pilihan terbaik untuk sarapan dikala diet
Oatmeal menjadi pilihan terbaik untuk sarapan dikala diet. Foto via pikiranrakyat.com

Ketika menyantap oatmeal, kamu dapat memberikan sedikit topping potongan pisang atau strowberi dan sedikit susu UHT yang rendah lemak. Jadi persiapkanlah satu menu ini ketika liburan akhir tahun berlangsung.

Telur

Bahan makanan satu ini menjadi lauk paling populer disemua kalangan. Telur adalah bahan makanan yang mengandung banyak protein yang berkualitas tinggi. Ada beberapa kalangan menyebutnya telur tidak sehat karena memiliki kandungan kolesterol. Padahal banyak penelitian yang mengutarakan bahwa kolesterol pada telur hanya terdapat didalam Low Density Lipoprotein dalam darah atau biasa disebut dengan LDL.

Telur menjadi menu terbaik dalam program diet atau sarapan pagi
Telur menjadi menu terbaik dalam program diet atau sarapan pagi. Foto via detik.com

Dalam diet, telur mampu mengecilkan lingkar pinggang, menstabilkan berat badan dan mengurangi lemak dalam tubuh. Adapun cara memasak telur yang baik adalah dengan cara merebusnya.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah paling sering dikonsumsi banyak orang. Entah itu untuk pencuci mulut ataupun untuk sarapan pagi. Kandungan dalam buah pisang terdapat resistant starch adalah jenis karbohidrat yang mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Pisang salah satu buah terbaik dalam program diet ataupun untuk sarapan pagi bersama mentega kacang
Pisang salah satu buah terbaik dalam program diet ataupun untuk sarapan pagi bersama mentega kacang. Foto via parapuan.com

Selain cocok untuk program diet, pisang sangat rekomendasi bagi penderita hipertensi. Kandungan kalium dalam pisang juga dapat mengurangi tekanan darah. Cara mengkonsumsi buah pisang dapat memilih buah yang tingkat kematangannya standar.

Kacang atau Nut Butter

Kacang atau sejenisnya merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Kacang juga diakui sebagai bahan yang menyehatkan bagi jantung karena memiliki kandungan antioksidan, magnesiumn, dan potasium.

Nut Butter menjadi bahan penting dikala program diet
Nut Butter menjadi bahan penting dikala program diet. Foto via orami.com

Dalam aplikasinya, para program diet akan membutuhkan sejenis selai kacang atau biasa disebut dengan Nut Butter yang dioleskan pada roti gandum. Tambahkan juga berbagai isian seperti mentega almond, mentega mete, cokelat dan mentega hazelnut.

Advertisement
Tags
Kuliner Sarapan menu diet tips dan inspirasi
Share