Pilihan Menu Sahur yang Masaknya Tak Sampai 10 Menit

Advertisement

Senangnya punya kesempatan untuk berjumpa lagi dengan bulan yang penuh berkah, Ramadan. Undangan berbuka bersama boleh saja mulai banyak berdatangan, tapi tidak dengan sahur, bukan? Di saat-saat seperti ini dibutuhkan banyak ide untuk memasak menu sahur yang mudah dan tidak butuh waktu lama. Jadi tak ada lagi nih makan sahur dengan mie instan. Apa saja, ya?

Tahu Saus Tiram

Tahu Saus Tiram
Tahu Saus Tiram [image source]
Membuat Tahu Saus Tiram cukup mudah. Bahan utamanya menggunakan Tahu Kuning, oleh-oleh khas dari Kediri. Jika tidak punya, bisa menggunakan tahu biasa. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan pun sangat gampang ditemukan. Resep ini bisa dicoba saat sudah kehabisan ide masakan untuk sahur. Diolah untuk menu berbuka juga enak, kok. Apalagi jika ditemani sayur bayam yang segar.

Menu Tahu Saus Tiram
Menu Tahu Saus Tiram [image source]

Telur Ceplok Balado

Telur Ceplok Balado
Telur Ceplok Balado [image source]
Tak bisa dipungkiri, telur merupakan bahan yang harus selalu ada. Hasil hewani yang satu ini bisa menjadi pelengkap yang menambah kelezatan, bahkan penyelamat saat tak punya bahan lain di lemari es. Daripada didadar seperti biasa, mending coba buat Telur Ceplok Balado seperti ini. Dinikmati dengan nasi hangat saja sudah nikmat, setuju kan? Jangan lupa teh hangat dan banyak minum air mineral untuk suplai tenagamu saat puasa.

Resep Telur Ceplok Balado
Resep Telur Ceplok Balado [image source]

Sop Brokoli Sosis

Sup Brokoli Sosis
Sup Brokoli Sosis [image source]
Rasanya ada yang kurang kalau santap sahur tanpa sayur. Sop Brokoli dengan sosis ini sangat mudah dibuat. Cocok disajikan hangat-hangat dan dinikmati bersama keluarga. Bagi yang tinggal sendiri, menu ini bisa dicoba. Selama menjalani puasa, gizi tubuh harus tetap terjaga. Jangan lupa mencuci sayurannya dengan benar. Bersihkan sayur di bawah air mengalir, lembaran daun juga batang bawahnya. Jangan sampai masih ada kotoran yang ikut termasak.

Resep Sop brokoli sosis
Resep Sop brokoli sosis [image source]

Oreg Tempe

Oreg Tempe
Oreg Tempe [image source]
Selain telur, tempe menjadi bahan yang wajib ada dalam persediaan. Makanan tradisional yang berasal dari fermentasi kedelai ini enak dan bergizi tinggi serta tak susah ditemukan di kota manapun, meski asalnya dari Malang. Daripada digoreng biasa, tempe bisa diolah seperti resep praktis di bawah ini. Berkreasilah dengan menambahkan sayuran di dalamnya, atau telur puyuh. Ada tips untuk menyimpan tempe dalam lemari es. Bungkuslah dengan plastik rapat-rapat agar tempe bisa bertahan lebih lama. Jika permukaan sudah berwarna kehitaman, segera buang. Tandanya bahan ini sudah tak bisa digunakan lagi.

Resep Oreg Tempe
Resep Oreg Tempe [image source]

Tempe Terong Balado

Tempe terong balado
Tempe terong balado [image source]
Satu lagi menu sahur praktis yang bisa dicoba saat telat bangun dan bingung harus memasak apa. Tempe terong balado ini merupakan masakan yang sudah tak perlu tambahan lain karena sayur dan lauk sudah menjadi satu. Kamu bisa mengganti tempe dengan tahu, atau telur puyuh sesuai dengan persediaan yang ada. Meski warna merah sangat menggoda, lebih baik tidak menambahkan cabai kecil terlalu banyak untuk menu sahurmu.

Resep Tempe Terong Balado
Resep Tempe Terong Balado [image source]
Nah, itu tadi beberapa resep mudah dan cepat yang bisa diterapkan untuk sahur, maupun buka. Ucapkan selamat tinggal untuk mie instan, ya. Bagaimana, ada yang mau berbagai resep mudah lainnya?

Advertisement
Tags
kuliner Ramadan
Share