Jelajah Alam Bukit Tunak Sekaligus Menunggu Buka Puasa di Lombok

Objek wisata Lombok memang penuh pesona. Tidak hanya kepulauan eksotis seperti Gili Trawangan, di sini juga tersedia destinasi wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Sebut saja Masjid Hubbul Wathon Islamic Center yang sudah mendunia karena bangunan kerennya. Nah, berhubung liburan ke Lombok, tidak ada salahnya untuk menjelajah tempat-tempat kece yang masih tersembunyi. Salah satunya Bukit Tunak yang pastinya menyajikan kecantikan pulau ini dari sudut lain.

1. Destinasi Eksotis di Lombok Tengah

Pemandangan Bukit Tunak
Pemandangan Bukit Tunak [image source]
Objek wisata yang terletak di bagian selatan Lombok Tengah ini berjarak 60 km dari Masjid Hubbul Wathon Islamic Center. Jika melakukan perjalanan, setidaknya membutuhkan waktu 1,5 jam, itu pun belum sampai di lokasi. Kendati cukup jauh, namun keindahan alam yang ditawarkan oleh Bukit atau Gunung Tunak ini sangat sempurna. Ya, hamparan lautan biru serta udara yang sejuk menjadi sajian tersendiri di tanah Lombok yang eksotis. Tidak hanya itu, bongkahan karang yang berdiri kokoh juga menjadi pemandangan asik sembari duduk manja di atas rerumputan.

Taman Wisata Gunung Tunak
Taman Wisata Gunung Tunak [image source]

2. Spot Tersembunyi dengan Rute yang Menakjubkan

Bukit Tunak Eksotis
Bukit Tunak Eksotis [image source]
Berbeda dengan destinasi lain, Bukit eksotis yang bersebelahan dengan Tanjung Bungkulan ini terbilang masih ‘perawan’. Hal ini karena letaknya tersembunyi dan aksesnya yang sangat sulit. Ya, untuk bisa liburan seru hingga hunting foto dari mercusuar, pengunjung harus melakukan perjalanan darat memasuki hutan di Wisata Alam Gunung Tunak. Tidak dengan kendaraan, mereka harus berjalan kaki di jalan setapak. Pun terlihat melelahkan, namun kecantikan dari destinasi ini bikin meleleh.

Foto Kece di Bukit Tunak
Foto Kece di Bukit Tunak [image source]

3. Foto OOTD di Pantai Bukit Tunak

Bukit Tunaq
Bukit Tunaq [image source]
Puas foto di Bukit Tunak yang menyajikan pemandangan lautan yang sempurna, waktunya untuk turun ke bawah dan bermain pasir di pinggiran pantai. Sebagian besar dari pengunjung yang datang ke sini tidak hanya memandangi lautan tapi juga hunting foto. Berbeda dengan wisatawan domestik, turis asing malah asik berjemur di bawah matahari yang terik. Nah, spot ini sangat cocok untuk kamu yang tengah menanti waktu berbuka puasa. Selain memanjakan mata, kamu bisa tenang menjalani Ramadan.

OOTD di Puncak Tunak Lombok
OOTD di Puncak Tunak Lombok [image source]

4. Bermalam di Cottage di Sekitar Lombok Tengah

Spot Asik di Bukit Tunak
Spot Asik di Bukit Tunak [image source]
Letaknya di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah dan memiliki kontur tanah yang bervariasi. Tidak heran jika kamu bakal menemukan tanah datar, berbukit dan juga bergunung. Karena itu pula, liburan ke sini memang sangat melelahkan, apalagi bagi orang yang sedang puasa dan tidak pernah mendaki gunung. Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengistirahatkan tubuhmu di sekitar Bukit Tunak. Ada Bumbangku Beach Cottage yang berjarak 4 km dari pintu masuk Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Nah, untuk pemesanan kamar di sini, kamu bisa langsung menghubungo nomor teleponnya di 0852-3717-6168.

Bumbangku Beach Cottage
Bumbangku Beach Cottage [image source]

5. Berkunjung ke Kafe Cantik di Selatan Pulau Lombok

Main Pasir di Pantai di Lombok Tengah
Main Pasir di Pantai di Lombok Tengah [image source]
Meski sudah populer sejak tahun 2014 lalu, Bukit Tunak masih tetap sepi dari pengunjung. Kemungkinan besar karena aksesnya yang tidak mudah. Selain itu juga restoran serta kafe di sekitarnya juga susah ditemukan. Namun untuk kamu yang tidak ingin ketinggalan ibadah saat berkunjung ke sini bisa mampir ke mushola yang juga terletak di Desa Mertak. Tentu saja tempatnya bersih dan tenang. Nah, untuk kamu yang ingin buka puasa di kawasan ini boleh mampir ke Gerupuk Surf Kafe. Sayangnya, lokasinya terbilang cukup jauh dan membutuhkan waktu 30 menit dari Bumbangku Beach Cottage.

Gerupuk Surf Kafe
Gerupuk Surf Kafe [image source]
Nama : Bukit Tunak (Taman Wisata Alam Gunung Tunak)
Alamat : Tj. Bungkulan, Mertak, Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573
Telepon : 0878-6547-8005

Destinasi wisata yang ada di Lombok memang keren. Tidak hanya Bukit Tunak saja, masih banyak perbukitan eskotis yang bisa dijadikan tempat bersantai sebelum adzan magrib berkumandang.

Tags
Alam Explore Lombok wisata lombok
Share