Menu Buka Puasa dari Berbagai Negara, Enak dan Mengenyangkan

Liburan ke luar negeri saat bulan puasa ternyata menyenangkan loh. Selain dapat mempelajari sejarah islam di negara lain, kamu juga bisa menemukan menu unik yang tak jarang ditemui saat ada di Indonesia. Nah, penasaran apa saja menu buka puasa dari berbagai negara yang khas dan difavoritkan? Berikut beberapa daftarnya.

1. Nasi Briyani di Singapura

Ilustrasi Nasi Briyani di Singapura
Ilustrasi Nasi Briyani di Singapura/@hazzrock

Mau jalan-jalan dekat Indonesia? Singapura menjadi pilihan yang tepat. Selain jarak tempuhnya yang dekat, kamu bakal dimanjakan dengan tempat oleh-oleh yang harganya terjangkau. Begitu pula dengan makanan halal yang bisa disantap saat berbuka puasa. Salah satu kuliner khasnya adalah Nasi Briyani yang merupakan nasi dimasak dengan rempah-rempah. Sajian ini ditambah dengan sayuran dan daging atau telur. Rasanya sedap, dan pas untuk lidah orang Indonesia.

Ilustrasi Nasi Briyani
Ilustrasi Nasi Briyani via instagram/@brojajan

2. Laksa Penang di Malaysia

Laksa Penang di Malaysia
Laksa Penang di Malaysia via instagram/@mzhjunkart

Selain Singapura, Malaysia juga bisa menjadi pilihan destinasi tujuan untuk kamu yang tak ingin jauh dari tanah air. Selain banyaknya objek wisata menakjubkan, kamu juga tak perlu khawatir untuk mencari menu berbuka. Hampir setiap sudut kota banyak tempat menjual makanan enak dengan harga terjangkau. Salah satunya Laksa Penang, yaitu mie kuah yang disajikan bersama ikan, sayuran, serta potongan telur rebus. Mie ini memiliki rasa pedas manis yang menyegarkan dan tentunya nikmat disantap saat hangat.

Laksa Penang
Laksa Penang via instagram/@husnakelantan

3. Chapati di India

Chapati, Menu Buka puasa di india
Chapati, Menu Buka puasa di india via instagram/@spiceindiaonline

Jika tujuan liburanmu ke India, cobalah Chapati. Kuliner ini merupakan menu buka puasa spesial yang juga disantap untuk sahur. Chapati ini berbentuk roti panggang yang tipis seperti tortila. Warnanya cokelat keemasan dan biasa disajikan dengan semangkuk kari daging kental. Paduan ini sangat lezat apalagi disantap saat masih hangat. Selain di India, kamu juga dapat menemukannya di negara-negara Afrika.

Chapati
Chapati via instagram/@wheel.turner

4. Gullac di Turki

Gullac dari Turki
Gullac dari Turki via instagram/@lezizyemeklr

Siapa yang tak tergila-gila dengan keindahan Turki. Tak heran jika banyak wisatawan Indonesia yang jatuh cinta dengan negara satu ini. Selain alamnya, kuliner di negara ini juga menggiurkan. Salah satunya Gullac yang biasanya menjadi makanan penutup atau dessert untuk buka puasa. Hidangan yang terbuat dari rendaman pastry di dalam susu hangat dan dibalut walnut biji delima ini memiliki rasa unik yang istimewa.

Gullac
Gullac via instagram/@neomutfak

Itulah empat menu buka puasa dari beberapa negara. Bagaimana, tak takut untuk traveling keluar negeri saat bulan Ramadan bukan? Jadi, kapan nih berangkat?

Tags
India Indonesia Kuliner Ramadan Malaysia Singapura Turki
Share