Dongkrak Kebudayaan Kulon Progo di Menoreh Art Festival 2018

Budaya di Indonesia memang selalu menarik untuk dibahas. Festival seni dan budaya selalu digelar setiap tahunnya dengan konsep yang berbeda-beda, seperti Kabupaten Kulon Progo salah satunya. Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo DIY akan menghelat Menoreh Art Festival 2018 selama sebulan penuh pada bulan Oktober nanti. Seperti apa sih keunikan yang ada di dalamnya?

Pertunjukkan Selama Sebulan Penuh

Ketoprak Mataram
Ketoprak Mataram via Instagram/cokiee.run

Menoreh Art Festival atau MAF 2018 rencananya akan digelar mulai dari tanggal 7 hingga 28 Oktober 2018 yang berlokasi di Alun-Alun Wates dan beberapa tempat yang lain. Tema yang diangkat di tahun ini adalah “Gelora Gunung Samudra”. Festival ini akan diisi oleh berbagai pertunjukkan berbeda setiap harinya. Pertunjukkan yang akan disajikan di hadapan masyarakat yaitu pameran seni, macapat massal, menoreh carnival, ketoprak mataram, kenduri budaya 12 kecamatan, parade rebana santri, dan lain-lain. Terakhir, Menoreh Art Festival akan ditutup dengan pertunjukkan wayang semalam suntuk pada tanggal 28 Oktober 2018 nanti.

Dalam Rangka Ulang Tahun Kulon Progo

Ketoprak Mataram
Ketoprak Mataram via Instagram/cokiee.run

Menoreh Art Festival diadakan karena memperingati hari ulang tahun Kulon Progo sendiri yang telah berusia selama 67 tahun. Di ulang tahun ke 67 ini, Dinas Kebudayaan ingin menunjukkan budaya Menoreh kepada masyarakat. MAF juga memiliki tujuan untuk mengangkat seni dan budaya lokal masyarakat Kulon Progo. Dengan adanya festival ini, Disbud mengharapkan partisipasi dari masyarakat sekitar sekaligus membantu dalam mengangkat kebudayaan sehingga mampu membangun peradaban budaya di masa depan agar lebih baik lagi.

Banyaknya Pameran Seni

Tari angguk Kulon Progo
Tari angguk Kulon Progo via Instagram/jalutajam

Beberapa pameran akan diadakan untuk memeriahkan festival ini. Barang-barang bernilai yang akan dipamerkan seperti batik, keris, seni rupa, pameran tanaman bonsai, fashion day carnival, parade rebana santri, melibatkan 1000 penari tari Angguk, parade seni perbatasan, dan masih banyak lagi. Pembukaan acara yang berlangsung tanggal 7 Oktober 2018 akan dibuka dengan parade musik nusantara yang diikuti oleh 12 provinsi dengan karakteristik berbeda dalam waktu 150 menit. Tak hanya itu, acara juga dimeriahkan dengan adanya 18 karya seni instalasi dari 30 perupa di Kulon Progo.

Melibatkan Banyak Kota Besar

Pentas sendra tari sugriwa subali
Pentas sendra tari sugriwa subali via Instagram/dinparkulonprogo

Karena Menoreh Art Festival  ini bertujuan untuk mengangkat kebudayaan Kulon Progo dan banyaknya kegiatan yang akan diselenggarakan nantinya, untuk mengadakan MAF akan melibatkan 25 Kabupaten dan Kota. Beberapa kota di antaranya terlibat adalah Pandeglang, Denpasar, Boyolali, Wonosobo, Banyumas, Magetan, Ponorogo, Temanggung, Wonogiri, dan lain-lain. Diharapkan, dengan adanya MAF budaya di Indonesia khususnya Kulon Progo tetap terjaga dan tidah tergerus oleh zaman.

MAF merupakan festival seni menarik yang ada di Kulon Progo. Jika berkunjung ke Jogja, apa Teman Traveler tertarik untuk datang ke festival tahunan ini?

Tags
DIY festival Festival Menoreh Indonesia Kulon Progo
Share