Mengenal Nasi Uduk, Ini Dia Asal Usul yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Advertisement

Nasi uduk biasanya dikonsumsi saat sarapan pagi. Kuliner ini juga sering ditemui di berbagai acara hajat, adat, dll. Meski bentuk dan warna yang sama seperti nasi putih biasanya, namun nasi ini memiliki rasa yang khas. Eits, tapi bagi Teman Traveler yang memfavoritkan nasi ini, apakah sudah tahu asal-asulnya? Nah, kali ini Travelingyuk akan mengajak Teman Traveler agar mengenal nasi uduk lebih dalam lagi. Sudah siap?

Asal Usul

Nasi uduk dari Tanah Melayu
Nasi uduk dari Tanah Melayu Via Instagram/dapur_siyeye

Konon katanya, sejak abad ke 14-an nasi uduk datang melalui jalur transaksi perdagangan. Dibawa dari Tanah Melayu dan alasan nasi ini berada di Tanah Jawa karena masyarakat Melayu yang berada di Sumatera saat itu pindah ke tanah Jawa. Perpindahan orang-orang Melayu ke tanah Jawa suka membawa kebiasaan-kebiasaan dan salah satunya adalah menyantap nasi gurih. Nasi yang dikenal dengan nasi lemak itu diubah namanya menjadi nasi uduk.

Asal Kata Uduk

Nasi uduk
Nasi uduk Via Instagram/eat.time.story

Konon katanya, nama ‘uduk’ diambil dari istilah bahasa Sunda yang berarti bersatu atau bercampur. Maka dari itu, dalam penyajiannya nasi uduk sering dimakan bersama lauk lain agar terasa lebih enak. Namun beberapa pendapat lain mengatakan bahwa ‘uduk’ berarti susah karena dulunya makanan ini sering ditemukan di pasar tradisional dan termasuk makanan kelas bawah. Seiring berkembangnya zaman, kuliner ini sudah berkembang sehingga sudah lagi menjadi makanan kelas bawah.

Kawasan Nasi Uduk Pertama Kali

Nasi uduk kebo kacang
Nasi di kebo kacang Via Instagram/nasiudukbabehali

Awalnya, nasi ini dijual di kawasan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta. Lalu akhirnya di kawasan ini sudah banyak ditemukan warung dan kedai yang berjualan nasi gurih dengan menggunakan nama Kebon Kacang agar dagangannya laris. Namun tetap saja, akhirnya sudah banyak dijumpai di beberapa daerah selain Kebon Kacang. Selain itu, kini sudah banyak orang yang tahu cara membuatnya.

Varian Nasi Gurih

Nasi uduk berbentuk kue
Nasi berbentuk kue Via Instagram/nasdukmanja

Di Indonesia sendiri, kuliner ini mengalami perkembangan dan masih eksis hingga kini. Ada yang mengubahnya menjadi kue dengan tampilan yang cantik. Bahkan ada juga yang warna-warni. Dari semua variasi tersebut, masyakarat pun menanggapinya secara positif dan tetap menggemarinya.

Jika nggak ada aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh orang Melayu dan orang Jawa pada zaman dulu, mungkin Teman Traveler agak kesusahan untuk menemukan hidangan satu ini, ya. Jangan lupa juga mencicipi nasi uduk di Jakarta, cocok nih untuk sarapan. Bagaimana, apakah Teman Traveler adalah salah satu penggemarnya?

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner mengenal nasi uduk nasi uduk
Share