Mengenal Jenis Teh, Mana yang Jadi Favorit Teman Traveler?

Selain kopi, masyarakat Indonesia juga sangat menggemari teh. Indonesia sendiri saat ini merupakan penghasil teh ke-8 terbesar di dunia. Teman Traveler yang menggemari teh, sudah tahu kah jenis teh apa saja yang paling digemari pecinta teh Indonesia? Supaya tidak penasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

Teh Hitam

Teh Hitam via instagram/tehkedaton

Teh ini adalah teh yang paling banyak dikonsumsi dan diproduksi oleh orang Indonesia. Teman traveler pasti familiar dengan teh nasgitel (panas legi kentel), jenis teh inilah yang dipakai. Teh hitam diperoleh melalui proses oksidasi. Jenis teh ini mengandung kafein tertinggi, sekitar 2-3 kali dibandingkan teh hijau dan memiliki rasa yang pekat. 

Teh Hijau

Teh hijau via instagram/tehkedaton

Diperoleh tanpa proses fermentasi atau oksidasi enzimatis, teh hijau dibuat dengan cara mengaktifkan enzim fenolase pada pucuk daun teh segar. Teh hijau perlu melewati proses pemanasan baik dari udara kering maupun basah dengan cara diuap. Proses penguapan ini akan menghasilkan aroma teh yang kuat. 

Teh Oolong

Teh oolong via instagram/toko_teh_huang_fu

Teh ini begitu istimewa dan dinilai sebagai teh terbaik sebab hanya mengambil tiga daun teh teratas yang dipetik tepat waktu. Proses oksidasi dihentikan di tengah-tengah antara teh hijau dan teh hitam yang biasanya memakan waktu 2-3 hari. Teh Oolong ini sudah ada di Indonesia sejak 18 tahun yang lalu, namun di Indonesia, popularitasnya masih belum menyamai teh hitam maupun teh hijau.

Teh Putih

Teh putih via instagram/teaprouk

Teh putih adalah teh dengan kadar anti oksidan tertinggi di antara teh lainnya. Tidak seperti teh hitam, teh hijau atau teh oolong, proses pengeringan teh putih paling organik tanpa oksidasi sama sekali. Tehnya sendiri dipetik hanya dalam waktu dua hari setiap tahunnya, saat tunas daun teh belum terbuka dan masih diselimuti bulu-bulu halus berwarna putih. 

Teh putih dikeringkan secara alami dengan bantuan angin dan sinar matahari pegunungan agar tidak merusak tekstur teh. Hanya ada tiga perkebunan teh Indonesia yang memproduksi teh jenis ini, yakni di PT Chakra Ciwidey, PTPN VIII Garut dan PTPN XII Wonosari, Lawang, Malang. 

Bagaimana Teman Traveler, sudah siap mencicipi semua jenis teh untuk tahu mana nantinya yang akan jadi favorit kalian? Yuk bagi pengalaman kalian mencicipi berbagai jenis teh Indonesia via Travelingyuk.

Tags
Indonesia Teh Tradisi Minum Teh di Indonesia
Share