Liburan ke Tempat ini Bisa Melihat Sekaligus Memberi Makan Hiu, Berani Coba?

Berenang, diving, snorkeling merupakan aktivitas air yang biasa dilakukan jika berada di pantai. Bagi Teman Traveler yang mencari pengalaman baru, bisa berkunjung ke beberapa tempat yang akan kita bahas kali ini. Di tempat ini, wisatawan akan merasakan sensasi memberi makan hiu. Wah, sudah penasaran dan semakin tertarik seperti apa? Harus ke mana kalau ingin mencobanya? Ini dia daftarnya.

Piaynemo

Piaynemo
Piaynemo via Instagram/sigitsimbat

Piaynemo merupakan objek terkenal yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Daerah ini memiliki pesona yang indah sepereti gugusan karang yang menarik dan bisa dijadikan sebagai spot foto. Berlokasi di spot lapor, di sinilah penangkaran hiu liar berada. Tampak hiu-hiu kecil pun terlihat berenang tanpa menunjukkan keganasan. Ikan-ikan ini pun sebenarnya tidak sengaja dipelihara, mereka datang dengan sendirinya dan mulai membuat koloni tanpa takut akan kehadiran manusia.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Mereka dapat melihat, sekaligus ikut memberi makan hiu. Petugas akan memberikan makanan berupa ikan-ikan hasil pancingan yang dipotong kecil-kecil.

Penangkaran di Karimunjawa

Karimunjawa
Karimunjawa via Instagram/merlynjoanvin

Beralih dari Papua, sekarang melipir ke pulau Jawa. Jika ingin lebih dekat dengan binatang hiu, Teman Traveler bisa berwisata ke penangkaran yang ada di Karimunjawa, tepatnya di Kabupaten Jepara. Selain bisa melihat lebih dekat, wisatawan juga dapat berfoto-foto hingga menyelam bersama ikan. Untuk melakukan kegiatan ekstrem tersebut, pengunjung harus tetap berhati-hati. Beberapa pengunjung ada yang sempat digigit hewan ini, lho.

Karimunjawa sendiri memiliki lahan seluas 56 hektar dilengkapi dengan 2 kolam penangkaran. Tentu dengan berkunjung ke pulau ini, pastinya Teman Traveler tidak akan dibuat kecewa akan pesonanya yang menakjubkan.

Rumah Apung Banyuwangi

Rumah Apung Banyuwangi
Rumah Apung Banyuwangi via Instagram/liliklistyani24

Masih berada di pulau Jawa, Rumah Apung Banyuwangi juga menawarkan sensasi yang sama. Bangunan dari Rumah Apung sendiri merupakan sebuah gubuk yang di bangun di atas laut. Jumlah keseluruhannya ada tiga dan di tiap rumah dilengkapi dengan fasilitas toilet sehingga membuat pengunjung lebih nyaman. Tak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat dan Wakatobi, di sini wisatawan dapat menyaksikan hiu mulai dari berenang, memberi makan, hingga memegangnya secara langsung.

Liburan beri makan ikan hiu
Liburan beri makan ikan hiu (c) Travelingyuk.com/Deby Ibrahim

Tak hanya hiu, di tempat ini juga ditemukan beberapa spesies ikan lainnya. Keindahan tempat ini tak berhenti sampai di situ. Ada juga area pemberdayaan terumbu karang dengan luas mencapai 15 hektar.

Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate
Taman Nasional Taka Bonerate via Instagram/asritntbr

Pulau Sulawesi juga punya sensasi berenang dan bertemu hiu, tepatnya di Taman Nasional Taka Bonerate di Pulau Tinabo, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Berenang dan menyelam di permukaan air bersama sekumpulan ikan hiu merupakan hal biasa. Namun, tak perlu khawatir karena mereka tidak ganas. Ukuran hiu di sini rata-rata sebesar lengan atau betis orang dewasa, bahkan ukuran kecil pun punya jumlah yang lebih banyak. Wisatawan tentunya juga bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling, diving, hingga berkeliling dengan kano.

Nah, bagi Teman Traveler yang ingin mencari pengalaman baru bisa banget nih untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata tadi. Selain bisa memberi makan hiu, di sini juga bisa menyentuh langsung, berenang bersama, dan melakukan aktivitas air lainnya. Berani untuk mencoba?

Tags
Indonesia memberi makan hiu Wisata
Share