Membatik Bersama Travelingyuk, Menelusuri Perjalanan Batik Sebagai Identitas Bangsa

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Batik menjadi bagian dari budaya Indonesia yang dipercaya sudah ada sejak Zaman Majapahit. Berdasarkan dokumentasi serta pendataan yang dilakukan oleh Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya yang dilakukan selama 9 tahun terakhir, sampai saat ini Indonesia sedikitnya memiliki 5.849 motif Batik. Karena itu, Batik memang merupakan sesuatu yang besar dan mengakar di negeri ini. Kehadirannya, sekaligus merupakan kebanggaan bangsa. Ia menjadi pakaian nasional pada berbagai acara resmi. Berdasar hal tersebut, Membatik Bersama Travelingyuk menjadi agenda selanjutnya yang harus Teman Traveler ikuti!

1. Travelingyuk Turut Memperingati Hari Batik Nasional

Mari Bangga dengan Berbatik
Mari Bangga dengan Berbatik via Instagram/avadin_15

Pada 02 Oktober 2009 silam, selain Wayang, Keris, Noken dan Tari Saman, Batik juga ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of The Oral Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO. Sejak itu dan berlangsung hingga saat ini, 02 Oktober pun kemudian diperingati sebagai Hari Batik Nasional setiap tahunnya. Pada tanggal ini, di beberapa instansi pemerintah dan swasta, Batik menjadi pakaian wajib. Sebab hal tersebut, masih dalam rangka Hari Batik Nasional, Travelingyuk ikut serta memperingatinya.

2. Berkolaborasi dengan Soendari Batik Art Gallery

Membatik di Soendari Batik Art Gallery
Membatik di Soendari Batik Art Gallery via Instagram/wulanguritno

Merayakan kecintaan serta kebanggaan terhadap Batik, Travelingyuk bekerjasama dengan Soendari Batik and Art Gallery, Malang. Kerjasama tersebut bertema Membatik Bersama Travelingyuk dan Soendari Batik Art Gallery, Menelusuri Perjalanan Batik sebagai Identitas Bangsa. Pada kegiatan ini, Teman Traveler akan dapat kesempatan belajar mengetahui lebih banyak tentang Batik, termasuk bagaimana caranya membatik.

3. Terbuka untuk Umum: Malang dan Sekitarnya

membatik-ig
Terbuka untuk Umum via travelingyuk.com

Kegiatan Membatik Bersama Travelingyuk yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 06 Oktober 2018 dari pukul 09.00 WIB-13.00 WIB di Soendari Batik Art Gallery, Malang ini terbuka untuk umum. Siapa pun boleh mengikutinya. Baik untuk Teman Traveler yang ada di Malang atau sekitarnya. Pada akhir pekan nanti, luangkan waktu untuk mengikuti acara ini sebagai salah satu bentuk bangga dan cinta kepada Batik ya.

4. Fasilitas Membatik Bersama Travelingyuk

Mendapatkan Fasilitas Membatik
Mendapatkan Fasilitas Membatik via Instagram/soendari_batikart

Dengan investasi sebesar Rp 50 ribu pada acara ini, Teman Traveler akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik. Antara lain perlengkapan membatik, materi dan pendampingan selama proses membatik, voucher belanja senilai Rp 50 ribu di Soendari Art and Gallery, snack, dan yang penting karya batik kreasi para peserta kegiatan dapat dibawa pulang. Acara ini akan berlangsung lebih meriah dengan partisipasi dari Teman Traveler semua.

Menarik, kan? Jangan lupa ikutan! Manfaatkan kegiatan ini untuk belajar lebih dalam tentang Batik; salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia. Daftarkan segera diri Teman Traveler! Untuk pendaftaran silakan klik link berikut ini ya: bit.ly/batiktravelingyuk. Yakin mau ketinggalan acara sekeren ini?