Medjora Cafe, Suasana Bali di Kaki Lawu

Kemuning merupakan salah satu kota di Lereng Lawu, Kabupaten Karanganyar, yang terkenal dengan wisata alam dan budayanya. Sebut saja Candi Sukuh, Cetho, hingga Kebun Teh Kemuning. Namun jika Teman Traveler ingin sekadar bersantai sambil nikmati indahnya hamparan kebun teh di sekitar, bisa coba mampir ke Medjora Cafe.

Sekilas Tentang Kafe

dscf7399_EdI.jpg
Pintu masuk Medjora Cafe (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Termasuk kafe anyar, Medjora terletak di kaki Gunung Lawu. Namanya sendiri memang cukup unik, merupakan akronim dari Medef Joha Ravan, nama anak sang pemilik kafe. Menurut Mas Gesang, salah satu barista sekaligus keponakan pemilik, tempat ini mulanya dibuka untuk memfasilitasi penikmat kopi dan teh di sekitar kawasan Kemuning.

dscf7409_Txg.jpg
Aneka properti dari Bali (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Seperti yang Teman Traveler mungkin tahu, kebanyakan kafe maupun resto di Kemuning hanya sajikan olahan teh. Hal ini sesuai dengan status Kemuning sebagai kawasan penghasil teh terbesar di Jawa Tengah.

dscf7449_trQ.jpg
Area outdoor (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Medjora Cafe sendiri terletak persis di samping rumah Pak Wawan, sosok yang tak lain merupakan pemilik tempat nongkrong unik ini. Dia dulunya bekerja di Taman Nasional Bali Barat, sehingga sebagian properti di sini didatangkan langsung dari Pulau Dewata. Salah satunya adalah bangkai kapal yang disulap menjadi deretan pot tanaman di area outdoor.

Usung Konsep Unik

dscf7410_3l0.jpg
Interior bernuansa Jawa (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Saat memasuki Medjora, Teman Traveler bakal rasakan nuansa Jawa Bali yang sangat kental. Hal ini nampak dari interior dan aneka pajangan yang ada di tiap sudut kafe. Selain dari Pulau Dewata, beberapa hiasan yang digunakan di sini ada yang didatangkan dari Klaten, salah satunya adalah anglo.

medjora cafe
Sudut perpustakaan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Teman Traveler yang hobi membaca pasti bakal sangat betah berlama-lama berada di sini. Sebab di salah satu sudutnya juga terdapat perpustakaan dengan koleksi lumayan lengkap. Asyik banget kan, membaca buku sambil ditemani nikmatnya kopi favorit.

Tawarkan Beragam Menu

medjora cafe
Deretan menu yang tersedia (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Medjora tawarkan menu lumayan beragam. Untuk minuman terdapat varian coffee, non coffee, serta aneka teh, dan jus. Sementara untuk makanan, pilihannya juga lumayan lengkap. Teman Traveler bisa pesan beragam jenis snack sampai makanan berat.

Harganya pun takkan bikin kantong jebol kok. Minuman paling mahal dibanderol seharga Rp16 ribuan saja. Sementara untuk makanannya, paling mahal ditawarkan seharga Rp20 ribuan. Bagaimana, lumayan murah kan?

dscf7425_V5U.jpg
Vietnam Drip Coffee (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Oh ya, Teman Traveler jangan sampai melewatkan kesempatan mencicipi racikan kopi di Medjora Cafe, ya. Salah satu menu yang jadi andalan adalah Vietnam Drip Coffee. Menu asal Vietnam ini hadir dengan tambahan susu kental manis untuk menyamarkan pahitnya kopi. Cocok untuk kalian yang tak terlalu suka minum kopi.

Mudah Dijangkau

medjora cafe
Deretan kursi dan meja di sudut kafe (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika Teman Traveler tertarik berkunjung, tenang saja. Lokasi Medjora cukup mudah dijangkau kok. Alamatnya ada di Dusun Segorogunung, Ngargoyoso, Karanganyar. Letaknya searah dengan wisata paralayang Kemuning. Jika berangkat dari Solo, butuh waktu kira-kira satu jam sebelum kalian bisa sampai tujuan.

Teman Traveler disarankan mampir dengan menumpang motor saja sebab jalannya sempit. Selain itu lahan parkir mobilnya belum begitu memadai. Oh iya, kafe ini buka tiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 24.00.

Itulah sedikit pengalaman saya bersantai di Medjora Cafe, sebuah tempat nongkrong unik dengan vibes Jawa-Bali di daerah Kemuning. Jika Teman Traveler berniat menjelajah wisata Solo dan sekitarnya, jangan lupa untuk sempatkan waktu mampir ke sini ya.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor kuliner kuliner Solo Solo Travelingyuk
Share