Mbah Bayan Jogja, Sajikan Kuliner Sedap dan Spot Asyik di Tengah Pepohonan

Berlibur di Jogja rasanya tak lengkap jika tidak jelajah tempat-tempat kulinernya. Bosan dengan suasana kekinian nan modern, restoran bernama Mbah Bayan bisa Teman Traveler jadikan pilihan. Suasananya begitu asri jauh dari hiruk pikuk kota. Penasaran apa saja yang ditawarkan oleh resto ini? Simak dulu yuk ulasannya.    

Banyak Pepohonan di Sekitarnya

mbah bayan
Pemandangan resto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Jenuh dengan keramaian kota, ada baiknya Teman Traveler sambangi tempat ini. Mbah Bayan memiliki konsep resto dengan view yang memanjakan mata. Suasananya adem dan asri karena berada di tengah pepohonan.

mbah bayan
Tempatnya yang asri (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain ditumbuhi dengan pepohonan di sekitar, area resto juga dihiasi tanaman-tanaman hijau. Begitu asri terbukti dengan masih adanya binatang-binatang seperti belalang, capung, dan kupu-kupu yang berseliweran. Sejuknya semilir angin pun akan sering kita rasakan di sini.   

Banyak Spot Asyik dan Nyaman

mbah bayan
Spot utama resto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Jika Teman Traveler datang beramai-ramai ke sini, jangan khawatir. Resto memiliki tempat yang cukup luas dengan banyak spot duduk yang nyaman. Lalu yang menjadi spot utama adalah bangunan dengan atap limasan. Area ini memiliki kapasitas yang cukup besar dan dilengkapi dengan banyak meja dan kursi.  

mbah bayan
Spot bangku ayunan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Spot lainnya yang tak kalah asyik adalah bangku berupa ayunan. Lengkap dengan tali di kedua sisinya, spot ini memiliki kesan unik dan berbeda. Tak salah jika menjadi favorit bagi para pengunjung karena memberikan pengalaman bersantap yang lebih seru.  

mbah bayan
Spot duduk lainnya (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain kedua spot di atas, tempat makan masih memiliki banyak area duduk yang nyaman. Ada spot minimalis yang bisa untuk  4 orang saja. Kalau ingin lebih bersantai, Teman Traveler bisa bersantap sambil selonjoran karena ada spot lesehan. Area ini cukup luas sehingga cocok untuk kalian yang datang bawa rombongan.  

Menu yang Menggugah Selera

20191117_110510_01_3200x1800_m4w.jpeg
Nasi Bakar (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Mbah Bayan menawarkan menu-menu khas Nusantara. Ada snack, makan berat, dan minuman. Kalau ingin makan berat, pilihan menunya cukup beragam mulai dari lauk hingga sayurnya seperti nasgor teri gundul, iga sapi bakar mrica ireng, ayam godong telo, nila dabu-dabu, tumis jantung pisang, tumis genjer, dan masih banyak lagi.  

20191117_110235_01_1600x1043_jgp.jpeg
Pisang Goreng (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Apabila Teman Traveler penggemar pedas, jangan lewatkan menu andalan resto yakni Nasi Bakar. Menunya cukup nyentrik karena disajikan dengan bambunya sekaligus yang digunakan untuk membakar. Soal rasa, dijamin akan membuat lidah bergetar karena pedasnya yang nampol.  

20191117_104852_01_3200x1800_TOl.jpeg
Wedang Sereh (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Untuk snack, kalian bisa mencicip pisang bakar penyet, singkong goreng keju, tahu goreng, tempe mendoan, dan bola ubi. Untuk signature snack-nya adalah Pisang Goreng. Satu porsi cukup mengenyangkan karena potongannya besar-besar. Pisang gorengnya lembut meski tidak digoreng terlalu matang. Ditaburi dengan parutan keju serta disajikan dengan sambal, rasanya begitu unik tapi bikin nagih.  

Selain makanan yang mampu menggoyang lidah, ada juga menu minuman yang menyegarkan. Beragam menu seperti kopi, mojito, soda gembira, teh, dan wedang tradisional, bisa Teman Traveler nikmati di sini. Gayo honey, espreso, americano, lemonade coffee, dan kopi susu gula aren, merupakan beberapa pilihan kopi yang bisa kalian seruput.

Tapi jika lidah kalian tidak bersahabat dengan kopi, Teman Traveler bisa menikmati wedang tradisional yang patut dicoba seperti wedang uwuh, wedang sereh, wedang jahe, teh jahe madu, dan jeruk nipis timun serut. Untuk menu makanan dibandrol dengan harga mulai Rp12.000 sedangkan menu minuman mulai Rp5.000 saja.  

Ada Playground Seru

20191127_071601_3200x2400_1UQ.jpg
Ayunan di playground (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain spot-spot duduk yang nyaman, Mbah Bayan memiliki playground yang terletak di area belakang. Area ini disulap menjadi semacam taman yang dilengkapi dengan fasilitas menarik. Teman Traveler bisa bermain-main dengan ayunan yang ada di sini.

20191117_114243_01_01_3200x1800_01_3200x1800_YDf.jpeg
Spot foto berlatar pohon (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tak hanya bermain, kalian juga bisa mengabadikan momen di sini karena pihak Mbah Bayan telah menyiapkan spot foto. Bagi Teman Traveler yang suka ber-selfie, berfoto di spot ini pantang untuk dilewatkan. Dengan modal kamera smartphone saja, kalian akan mendapatkan foto dengan latar pepohonan sengon yang ciamik.

20191117_114142_01_1600x1200_Uny.jpeg
Bersantai di hammock (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Lalu, ada dua hammock yang dipasang di antara kursi-kursi. Sambil menunggu pesanan datang, Teman Traveler juga bisa bersantai-santai sejenak di hammock sambil menikmati semilir angin. Mungkin saja bisa merilekskan pikiran kalian setelah lelah dengan kesibukan.    

Pengunjung Bisa Memancing di Kolam

20191117_114858_01_3200x2400_hOk.jpeg
Kolam pemancingan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Satu lagi keseruan yang bisa Teman Traveler lakukan di sini yaitu memancing. Tidak perlu khawatir kalau Teman Traveler tidak membawa alat pancing, karena kalian bisa menyewa di sini. Nah, kalau memancing di sini, kalian hanya dipungut biaya ketika ingin mengolah atau membawa pulang ikan yang berhasil dipancing.

Lokasi Rumah Makan

20191117_115915_01_2000x2000_OK7.jpeg
Area depan resto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin menghabiskan waktu di sini, bisa arahkan kendaraan ke Dusun Sendon, Tirtoadi, Mlati, Sleman. Lokasinya sekitar 10 kilometer dari Tugu Jogja. Untuk jam operasionalnya, Mbah Bayan buka setiap hari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.     

Bagaimana, tertarik bersantap sekaligus seru-seruan di sini? Jika Teman Traveler sedang berada di Jogja bisa langsung tancap gas ke Mbah Bayan. Tak perlu pikir panjang lagi, ajak serta teman-teman atau keluarga kalian ya.

Tags
Indonesia Jogja kontributor kuliner Mbah Bayan Sleman Travelingyuk
Share